Anak saya memiliki alergi pada protein hewani dan tempe tahu santan

Anak laki-laki saya berusia 1,5 tahun dengan berat badan 10.4kg, dia memiliki alergi protein hewani,kedelai, tempe, tahu, santan dan susu sapi, saya takut dia tidak bisa mendapat protein yang cukup, apakah ada susu yang bisa memberikan dia protein tanpa menimbulkan reaksi alergi agar anak saya tidak kekurangan protein

1 Jawaban Dokter

Susu bagi anak alergi dapat diberikan dalam bentuk susu formula dengan protein hidrolisat. Konsultasikan kemungkinan pemberian susu ini dengan dokter yang menangani anak Ibu.
Protein dapat diberikan melalui sumber makanan lain misalnya kacang2an (beans) seperti kacang merah, kacang2an (nuts) seperti almond, cashew / kacang mede / mente, polong polongan seperti kacang polong, biji bunga matahari, biji labu, quinoa, lentil dll. Protein juga terdapat dalam sayuran seperti brokoli, bayam, kale, dll.
Golongan kacang2an (nuts) juga sering menimbulkan alergi. Disarankan untuk memastikan ada tidaknya alergi pada bahan makanan ini sebelum diberikan.
Pastikan alergi anak melalui tes uji tusuk kulit / skin prick test sebelum mengeliminasi makanan anak. Karena eliminasi makanan tanpa kepastian alergi dapat berisiko menyebabkan kekurangan nutrisi.

 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.