berpuasa pada saat sedang menyusui asi eksklusif

Pekerjaan saya sebagai karyawan swasta dan tiap hari harus pumping asi untuk si buah hati. Apakah boleh tetap berpuasa dimana kondisi saya sedang menyusui asi eksklusif dan umur anak saya sekarang 5 bulan dok ? Jika iya, bagaimana tips agar tetap dapat memberikan ASI dengan gizi yang seimbang dan kapan waktu yang tepat untuk pumping ASI nya ya dok ? Mohon arahannya ya dok.. Tks 🙂

1 Jawaban Dokter

Pada dasarnya tidak ada pantangan atau larangan menyusui / pompa ASI selama puasa asalkan kesehatan Ibu baik.
Pompa ASI dapat dilakukan seperti biasa. Produksi ASI tergantung dari rangsagan hisapan bayi / pompa dan asupan nutrisi.
Untuk memenuhi kebutuhan gizi selama puasa dapat dipilih makanan yang padat gizi. Misalnya dengan mengurangi makanan manis dan minuman manis kemasan dan menggantikannya dengan susu, olahan oat, sayur dan buah.
Pada saat sahur dan berbuka Ibu dapat mengonsumsi makanan bergizi tinggi misalnya olahan kacang merah, brokoli, daun katuk, bayam, dll.
Asupan cairan perlu diperhatikan. Minimal 2 gelas saat buka puasa, 2 gelas saat sahur, 4 gelas saat diantara sahur dan buka puasa. Konsumsi cairan yang mengandung elektrolit bila perlu.
Hindari aktivitas berlebihan dan usahakan berada dalam tempat yang sejuk saat bekerja, misalnya dalam ruangan berAC.
Bila ibu mengalami gejala dehidrasi atau kekurangan gula darah seperti berdebar debar, lemas, pusing, keringat dingin, sebaiknya mengembalikan kondisi tubuh dulu sebelum melanjutkan berpuasa.
Konsumsi multivitamib bila perlu dan periksakan kesehatan Ibu ke dokter untuk memastikan keadaan Ibu yang tetap prima selama menyusui dalam bulan puasa.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.