Batuk

Baby Saya sekarang berusia 7 Bulan dok, Saya kurang ingat Pastinya Dr usia 0 sd 1 Bln mengenai batuknya tapi yg pasti sejak usia 2 Bln sampai sekarang anak saya batuknya gak sembuh2 dok. Saya sudah Bawa keep sp. Anak, Bidan sampai keep dokter Paru jawabanny selalu sama dok, \”anak ibu gak Ada masalah, batuk itu biasa. Selama anak ibu tubuhnya naik teruz nafsu makannya baik itu tidak Ada masalah\” . Tapi apa iya batuk Selama itu normal dok. Terakhir 5 hari lalu Saya Bawa lagi anak Saya k Bidan Ken demam Dan Saya keluhkan lagi mengenai batuknya, alhasil Kata Bidan kemungkinan besar anak Saya terminum air ketuban dok. Jadi yg Mau Saya tanyakan dok, sebenarnya penjelasan yg mana yg benar mengenai batuk anak Saya yg Selama 5 Bln ini. Hal normal kah, terminum air ketuban kah, atau Ada penjelasan lainnya dok. Terima kasih

1 Jawaban Dokter

yang pasti bu, batuknya anak ibu bukan karena terminum air ketuban.

batuk lama pada bayi paling sering diakibatkan oleh alergi bu. alergi yang paling sering adalah susu sapi. bisa juga alergi yang lain tetapi paling sering susu sapi. kecuali kalau selama ini batuk disertai demam dan anak terlihat sangat lemas kemungkinan infeksi.
coba ganti susunya dengan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

boleg bantu dengan obat alergi cetirizin yang drops 2 x 0,25 ml

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.