Saya hanya merasa kalau Tulang saya terasa tidak tumbuh dan berkembang menjadi tulang sejati.

Assalamuálaikum, nama saya Sebastian. Begini, Dok, saya punya keluhan yang cukup aneh. Saya merasa kalau tulang saya tidak FIX dan Matang menjadi Tulang Sejati layaknya orang Dewasa, padahal saya telah berumur 28 Tahun. Berikut adalah yang saya rasakan pada tubuh saya, khususnya tulang, secara keseluruhan :
1) Tulang saya lemah, layaknya masih tulang rawan yang masih dalam pertumbuhan
2) Tiap kali bangun tidur, saya merasakan tengkorak kepala saya mengecil (menciut), kadang membesar lagi di suatu hari lain. Seolah tengkorak Kepala saya bisa mengembang dan mengempis saking lunak nya tulang saya. Ukuran kepala seperti orang dewasa di lain waktu, kadang bisa mengempis hingga berukuran seperti remaja / anak anak.
3) Saya merasa Tulang saya berbeda dengan tulang orang dewasa lain yang mungkin telah mengalami pengerasan hingga menjadi tulang sejati yang lebih padat dan keras, serta Fix tidak berubah ubah ukuran nya. Tulang saya lentur dan tidak kaku.

Adapun beberapa hal yang telah saya lakukan sebelumnya, sehingga saya di dapat didioagnosa sebagai penderita tulang lemah :

1) Saya telah mengalami malnutrisi sejak kecil dan nutrisi disorder, yakni : Saya pernah kurus sekali tidak mau makan dan minum susu di usia yang masih Balita, lalu setelah sunat, saya gemuk karna nafsu makany nya menjadi banyak, lalu saya diet keras, jadi kurus lagi, lalu skarang gemuk lagi
2) Di Waktu saya masih SMA, saya suka bermasturbasi karena pengaruh dari teman yang tidak baik, dan hal ini saya lakukan hingga saya kuliah

Sekarang saya telah berumur 28 tahun, dan saya merasakan sekali adanya kejanggalan pada sistem tulang saya yang mudah berubah ubah. Saya mohon petunjuk dokter tentang permasalahan saya ini, Dok. Terima Kasih

1 Jawaban Dokter

Staff 23/05/2017
Public

Selamat siang sobat
Untuk mengetahui penyebab keluhan anda. Diperlukan pemeriksaan fisik dan melihat bone density daripada tulang anda. Sebaiknya anda memeriksakan diri langsung ke dokter penyakit dalam.
Malnutrisi yang terjadi pada usia dini memang dapat mengganggu pertumbuhan dan kekuatan daripada tulang.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.