gatal pada kelamin pria dan lama kelamaan tumbuh benjolan kecil

Hi dok,Jadi gini teman saya bercerita kepada saya dia mengeluh kelamin pria dia terasa gatal sekali dan tumbuh benjolan” kecil di daerah kelamin dia pertama 2 benjolan seperti bintik” dan lama kelamaan menjadi banyak bintik”nya, apakah itu sipilis? Jika benar sipilis apakah sipilis bisa sembuh? Dia malu jika ke dokter dapat dokter wanita terus di priksa sama wanita , kata dia gatal sekali gatalnya datang tiba” ,dan gatalnya sampai di bawah puser, selangkangan , kira” berapa harga berobatnya? Dan itu sakit apa ? Apa terkena bakteri atau sipilis? Bagaimana gejala sipilis awal? Makasih sebelumnya 🙂

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Gatal ditambah adanya bentol kecil pada alat kelamin belum tentu hanya disebabkan penyakit infeksi menular seksual seperti sipilis, bisa juga disebabkan oleh alergi/dermatitis, infeksi jamur, kutil kelamin dan lain sebagainya. Untuk memastikan nya tidak bisa hanya penjelasan secara tertulis namun dilakukan pemeriksaan secara visual terhadap benjolannya. Jika teman Sobat malu dengan Dokter perempuan, maka sebaiknya memilih diperiksa dengan Dokter pria, karena terapi yang diberikan tidak bisa sembarangan dibeli bebas. Karena harus sesuai dengan penyebabnya. Untuk itu segeralah memeriksakan diri ke Dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan dan diberikan terapi dan arahan yang sesuai.
Untuk sementara hindari menggaruk terlalu keras sehingga menyebabkan luka dan infeksi tambahan. Pastikan area alat kelamin selalu bersih dan kering.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.