alergi susu sapi gejalanya diare atau muntah

anak perempuan 17 bulan berat 14 kg lahir cesar riwayat ibu preeklemsi prematur 8 bulan 2 hr lhrn blun ada asi di kasi sufor blum ad yg cocok smp 1 mnggu kmdian msk nicu asi mulai kluar tp sdkit. kmbali d coba susu udah macam2 diare lg. 28 hr d nicu llu keluar dokter sarani utk coba sufor soya akhirnya cocok pubbya bgus… tp sering kembung. kentut2 smp skrg. apa skrg udah bisa pindah k susu sapi yah . mohon bantuanya trm kasih banyak

1 Jawaban Dokter

untuk curiga alergi susu sapi, 80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. Jadi ada baiknya saat ini anak ibu dicoba untuk konsumsi susu sapi kembali agar variasi makanannya juga menjadi lebih baik. Bila ternyata masih alergi, kembalikan pola makan dan minum sesuai dengan alergi susu sapi kembali sampai anak berusia 2 tahun, lalu coba kembali.

apakah anak ibu sudah mencoba makan keju? biskuit? coklat? ice cream? makanan tersebut mengandung susu sapi bu. Jadi bila anak ibu sudah makan makanan tersebut dan tidak ada reaksi alergi, berarti kemungkinan alergi susu sapinya sudah hilang. bila belum dicoba, boleh mencoba kembali sekarang sambil dipantau apakah tanda-tanda alergi susu sapinya muncul kembali.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.