IgM rubella selalu positif

Dokter saya mau bertanya sekitar 1,5 tahun yang lalu saya terinfeksi rubella sewaktu hamil 7 minggu kemudian saya dikuret.. Setelah itu saya rutin cek lab dan melakukan pengobatan rubella dengan dokter spog dan dokter internist saya sampai hari ini dan pasca kuret saya juga sudah di vaksin MMR oleh dokter internist.. Tapi sampai saat ini IGM rubella saya selalu positif dan IGG pastinya juga positif.. Saya konsultasi dengan 2 dokter Spog dan sekarang saya sudah diperbolehkan hamil walaupun igm rubella saya masih positif.. Apakah itu aman dok? Karena saya baca2 dijurnal internasional igm yang selalu positif itu bisa positif palsu.. Selama ini saya konsultasi dengan dokter internist dan dokter spog… Terima kasih

1 Jawaban Dokter

Hi sobat sehat ,
memang benar bahwa IgM rubella merujuk pada infeksi primer atau sedang berlangsung.
Namun perlu diketahui, jika sudah dilakukan terapi sekalipun, IgM rubella akan berangsur menurun dalam waktu 1-24 bulan.
Hal ini mungkin terjadi pada anda dimana masih di dapatkan hasil IgM rubella (+) (test kualitatif).
untuk mengetahui lebih jelas , akan memberikan gambaran jika dari awal infeksi dilakukan pemeriksaan kuantitatif atau kadar titer IgM rubella, Sehingga terpantau penurunannya sebelum dan setelah terapi.
Pada keadaan ini tentunya untuk hamil sudah aman.
semoga memberi pencerahan.

#1
  1. sebelum vaksin titer igm sy selalu menurun walaupun masih positif.. Setelah vaksin titer igm saya naik turun dari beberapa hasil test lab. yang saya lakukan..
    Terima kasih dok atas jawabannya?
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.