BAB berubah2, jarang padat, mendekati cair

anak saya umur 23 bulan. berat badan 12 kg. sudah beberapa x ganti2 susu krn BAB nya tidak pernah padat. sejak pakai nutrilon royal awalnya tekstur pup nya mau agak padat, tapi makin kesini makin cair, jarang sekali padat. mau ganti susu lg sudah males sebenarnya. kalo makanan, anak saya memang termasuk yg susah sekali makan, mau makan cuma nasi pake lele, atau nasi pake kuah soto aja, kuah sop.. gitu2.. gak bisa makan lauk2 aplg sayur.. kebanyakan dikit2 minum susu aja.. yg mau saya tanya, apa pencernaan anak saya ini bermasalah ya? atau alergi protein susu sapi ya? bisa minta tolong dicarikan solusinya? terimakasih sebelumnya

1 Jawaban Dokter

Konsistensi tinja berubah ubah sesuai dengan makanan yang dikonsumsi. Bila kebanyakan anak mengonsumsi cairan dalam hal ini susu tentu saja tinja anak akan cair. 
Bahan makanan yang dapat membuat tinja lebih padat antara lain roti,nasi, gandum, oat, serealia lainnya, buah apel.
Makanan perlu divariasikan sehingga kebutuhan gizi anak terpenuhi. Serat dalam buah dan sayur berperan dalam menjaga kesehatan pencernaan dan juga membentuk konsistensi tinja yg lebih padat.
Bila anak tidak mau makan buah dan sayur dalam bentuk utuh, ibu dapat mengolahnya menjadi jus, es, nugget dll sehingga anak lebih berselera makan buah dan sayur.
Mengenai gangguan saluran cerna dan kemungkinan alergi perlu diperiksakan secara langsung ke dokter anak

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.