bintil-bintil merah disertai rasa gatal

anak saya 5 bulan 3 minggu berat badan 6,9 kg mengkonsumsi sufor sejak lahir. anak saya muncul bintil-bintil merah di daerah leher depan dan selalu basah sejak satu bulan lalu, sudah saya beri 2 merk salep, bedak anti gatal, dan sabun lactacyd baby. awal nya bintil-bintil hilang tapi kemudian muncul lagi, dan bertambah di daerah punggung, kepala, perut, tangan dan kaki. kemarin sudah pergi ke dokter dan diberi salep + sirup anti alergi. bintil merah hilang setelah 2hari pemakaian obat+salep, namun kini muncul lagi yg di sekitar leher depan dan punggung. saya sudah ganti susu soya atas saran dokter. apa sebenarnya penyebab bintil merah tersebut tidak mau sembuh permanen?

1 Jawaban Dokter

penyebab umumnya adalah alergi bu. cari alergennya dan hindari baru akan hilang. hindari penggunaan minyak telon, minyak kayu putih, bedak, dll hindari mandi dengan air panas.
untuk susu, bila dicurigai alergi protein susu sapi, ganti susunya dengan susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. tetapi dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.
jadi bila masih tetap timbul mungkin anak ibu alergi susu soya juga.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.