ada benjolan keras yang sering nyeri

saya perempuan usia 25 tahun belum menikah, keluhan saya setiap menstruasi pada hari 1-2 nyeri yang luar biasa disertai keringat dingin dan mual muntah, nyeri ini saya alami sejak umur 17 tahun pernah saya periksakan ke puskesmas tapi dokter bilang tidak ada masalah karena siklus menstruasi bulanan saya lancar dan ada faktor keturunan dari ibu. Tapi di area rambut kemaluan ada benjolan keras dibawah kulit yang awalnya sebiji jagung yang makin lama makin besar sekarang kira kira sekitar 2 ruas jari memanjang meski lambat benjolan ini muncul sekitar 4 tahun yang lalu awalnya hanya benjolan biasa tapi akhir akhir ini sering terasa nyeri, yang saya tanyakan apakah benjolan tersebut tumor, kista atau kanker? terima kasih

Jawaban TanyaDok.com di : https://www.tanyadok.com/tanyadokter-3/

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
mengenai keluhan nyeri pada saat menstruasi, tidak semua wanita mengalami hal tsb, ada juga yg mengalami nyeri, tetapi masih dapat beraktivitas dan akan menghilan dengan sendirinya. hal tsb disebabkan karena kontraksi otot rahim untuk meluruhkan dinding rahim yg menebal akibat tidak dibuahi. Namun, jika rasa nyeri yg dirasakan tidak tertahankan, serta mengganggu aktivitas anda sehari-hari, kami sarankan anda memeriksakannya ke dokter spesialis kebidanan dan kandungn (Sp.Og) untuk dapat dilakukan pemeriksaan lebih lanjut, dan bila diperlukan dapat dilakukan pemeriksaan USG.
mengenai benjolan pada area rambut kemaluan, untuk memastikan bahwa benolan tersebut jinak atau ganas, atau merupakan infeksi, sebaiknya diperiksakan secara langsung, karena benjolan pada kemaluan penyebabnya beragam. dengan diketahui jenis benjolan tsb, dapat dilakukan penanganan yg sesuai.
demikian informasi dari kami semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.