Bagaimana mengobati anyang anyangan?

Dok saya mau tanya perut saya kok terasa kembung, suka berbunyi seperti sakit maag dan saya merasa anyang anyangan dok terasa ingin buang air kecil terus. perut bagian atas yg sakit. ini kenapa ya? apakah ada obat yg bisa saya minum tanpa perlu ke dokter? apakah bisa sembuh dengan sendirinya? Terimakasih

1 Jawaban Dokter

Halo Sobat,
Anyang-anyangan merupakan suatu gejala yang cukup khas terkena infeksi saluran kemih, walaupun adanya penyebab lain seperti adanya batu pada saluran kemih masih mungkin terjadi. Konsultasi terlebih dahulu ke Dokter agar dapat dilakukan pemeriksaan urine lengkap untuk mengetahui penyebab pasti dan dapat diberikan terapi yang sesuai. Untuk sementara Sobat bisa memperbanyak minum air putih dan hindari menahan kencing agar tidak bertambah parah.
Nyeri perut bagian atas biasanya disebabkan gangguan organ pada area tersebut seperti lambung, organ hati, usus dua belas jari dan sebagainya. Periksakan terlebih dahulu ke Dokter untuk dapat mengetahui penyebabnya sebelum mengkonsumsi obat. Untuk sementara yang bisa Sobat lakukan adalah makan makanan yang teratur, dalam jumlah sedikit namun sering, hindari makan terlambat.
Semoga jawaban ini dapat membantu Sobat =]

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.