Kecenderungan Alergi, namun belum diketahui jenis alergen pencetus alergi tsb.

Anak perempuan saya (saat ini berusia 6 bulan; BB 6.7 Kg), memiliki ruam kemerahan (kemungkinan dia merasa gatal karena sering digaruk) disekitar pipi dekat telinga sebelah kanan. Ruam tersebut muncul sejak usia 4 bulan, hilang timbul. Hilang apabila tidak digaruk dan saya olesi Ceradan Cream. Dan timbul kembali apabila dia garuk. Saya ingin memastikan apakah ruam kemerahan tsb merupakan indikasi adanya alergi dan ingin mengetahui jenis alergen pencetus alergi tersebut. Terima Kasih.

1 Jawaban Dokter

untuk ruamnya kemungkinan besar memang karena alergi bu. Dari berbagai jenis makanan yang ada yang paling sering menimbulkan alergi adalah susu sapi, telur, seafood, dan kacang-kacangan. tetapi tidak menutup kemungkinan anak alergi terhadap makanan lain, misalnya ayam, pepaya, dan semua makanan bisa berbeda-beda reaksinya terhadap seorang anak. bila hipersensitif maka disebut alergi. bagaimana cara mencari taunya?

Uji untuk mengetahui anak alergi makanan tertentu atau tidak paling baik melalui avoidance dan challange bu. jadi pertama ibu bisa coba dengan menghindari makanan yang ibu curigai selama 1 bulan. Bila gejalanya menghilang, kemudian setelah 1 bulan dicoba lagi berikan makanan tersebut. bila gejalanya muncul kembali maka confirmed anak ibu alergi makanan tersebut. atau bisa juga ibu cek darah Ig E rast terhadap yang ibu curigai tetapi harganya cukup mahal.

kapan ibu curigai, misalnya gejala batuk memberat setelah anak makan dingin, atau minum susu sapi, atau muncul manifestasi alergi bentuk lain seperti merah-merah atau bisul.

bila anak masih ASI berarti alergen tersebut masuknya dari ASI ibu, jadi ibu yang harus pantang makanan tersebut.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.