1 Jawaban Dokter

Anak laki laki usia 2 tahun seharusnya memiliki berat badan 12kg. Berat badan kurang dari 80% berat badan tsb termasuk memiliki berat badan kurang. Bila lebih dari 80% (9.6kg) maka masih termasuk berat badan cukup.
Kecukupan gizi tidak tercermin dari berat badan saja namun perlu jg dipertimbangan asupan makanan dan minuman yg dikonsumsi anak. Bila anak hanya mau makan nasi tanpa lauk tentunya tidak terpenuhi kebutuhan gizinya.
Seorang anak membutuhkan karbohidrat protein lemak vitamin dan mineral. Zat gizi tsb dapat didapat dari makanan yg bervariasi misalnya nasi, oat, ubi, jagung, kentang (karbohidrat). Biji2an, kacang2an, polong2an, tahu tempe, protein hewani (protein), lemak dari butter, alpukat, kacang2an, minyak zaitun. Vitamin dan mineral dari buah dan sayur.
Sulit buang air besar dapat terkait dengan pola makan yg kurang sesuai ini. Karena tidak mau makan buah dan sayur maka asupan serat kurang sehingga sulit buang air besar. Kemungkinan juga karena kurang konsumsi air putih, salah takaran susu formula, gangguan pencernaan.
Ibu dapat mengakali anak konsumsi buah dan sayur dengan membuat jus dan dibekukan sehingga menjadi es. Umumnya anak suka makan es.
Lauk dapat ibu sajikan dalam bentuk nugget atau perkedel dengan mencampur bbrp bahan makanan sumber protein dan sayur.
Tentunya diperlukan juga keteladanan dari orangtua dan pengasuh dengan memberi contoh makan makanan yang sehat. Anak umumnya akan mencontoh kebiasaan orang tuanya dan sebaiknya ajak anak untuk makan bersama

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.