BAB bayi dan meredakan Batuk

pagi dokter saya mau bertanya saya punya bayi 3 bulan kondisinya skrg sedang batuk pilek. lalu saya perhatikan sudah 2 hari blm BAB apakah berpengaruh? lalu cara yg baik untuk mengeluarkan lendir pada bayi bagaimana ya dokter? Krn mampet bayi saya susah untuk minum susu.. makasih dok..

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
keluhan batuk-pilek dengan gangguan sembelit umumnya tidak berkaitan satu sama lain. untuk mengurangi keluhan batuk dan pileknya, anda dapat mencoba menjemur bayi setiap pagi (dibwh jam 10) sambil detelungkupkan, dapat dilakukan tepukan lembut pada punggung bayi dengan harapan lendir pada hidung dan tenggorokannnya lebih mudah keluar, karena bayi belum ada refleks batuk spt orang dewasa. jika tidak membaik, sebaiknya dilakukan konsultasi ke dokter spesialis anak, sehingga dapat dilakukan penanganan lanjut, jika perlu dapat dilakukan nebulisasi (di”uap”) untuk mengencerkan lendir, sehingga lebih mudah dikeluarkan.
apakah bayi anda masih mengonsumsi ASI, atau sudah susu formula?
pemberian sufor dapat mempengaruhi saluran pencernaan sehingga dapat menyebabkan anak susah BAB atau dapat juga diare. untuk itu, kami sarankan jika memungkinkan pemberian ASI dilakukan smp usia 6 bulan, kemudian dilanjutkan berdama dgn makanan pendamping ASI.demikian, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.