Perut Kembung, Mual & Muntah

Selamat Malam Dok, saya mau tanya soal keluhan saya kadang setiap pagi saya merasa perut saya terasa kembung dan mual kadang sampai ingin muntah (Hampir setiap pagi) dan kadang bisa lanjut sampai siang dan malam.
saya sudah mengalami ini dari saya umur 10 tahun dan sekarang saya berumur 23 tahun.
Saya memang punya sakit maag terkadang maag saya sering kambuh bisa sampai 2 jam sekali. terkadang jika maag saya sudah kambuh saya sudah tidak bisa berdiri tegak atau berjalan lagi karena rasanya terlalu sakit dok.
dan terkadang saya juga suka merasa sakit di perut sebelah kiri / kanan dan itu rasanya luar biasa sakit seperti di tusuk sesuatu.
segala obat sudah saya minum seperti obat maag, enzyplex, omeprazole maupun jamu obat kunyit tapi sampai sekarang tidak ada hasilnya. mohon dibantu dok saya harus bagaimana ? karena rasanya benar-benar sakit. Terima kasih banyak dok

3 answer

halo sobat,
apakah ada keluhan lain, selain rasa nyeri dan mual-muntah, seperti gangguan BAB, BAK, demam, dsb? bagaimana kebiasaan makan anda? apakah sudah berobat ke dokter sebelumnya?
jika memang disebabkan maag, selain ditatalaksana dgn obat, diperlukan perbaikan gaya hidup, terutama pola makan. dianjurkan makan secara teratur, serta menghindari makanan/minuman seperti mie, sayur kol, makanan terlalu asam, pedas, minuman bersoda, kopi, coklat. selain itu, stress juga dapat mempengaruhi peningkatan asam lambung. jika dengan perbaikan pola hidup dan juga obat-obatan tidak ada perubahan berarti, kami anjurkan anda berkonsultasi kepada dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan lanjutan jika diperlukan. demikian, semoga bermanfaat

#1

Selamat Siang Dok, iya betul ada lagi masalah lainnya seperti BAB yang tidak lancar dan terkadang saya sering demam (padahal saya tidak merasa sakit apapun dan jika demam pasti kadang-kadang suka muncul memar biru di tangan atau kaki)
Makan saya sekarang2 sudah agak benar tp kadang juga suka kelewat jamnya.
Tapi menurut Dokter saya pastinya karna maag yang sudah berat ya dok ? maag saya bisa sampai muntah kalo telat makan banget. Atau memang ada tertuju penyakit lainnya dok utk penyebab saya sakit ?? Trims dok utk sarannya..

#2

halo sobat,
apakah anda sudah mengonsumsi cukup serat dan asupan air mineral yg cukup, karena gangguan sulit BAB juga dapat dipengaruhi pola makan, hindari banyak makan makanan yg digoreng dan perbanyak asupan serat, salah satu buah yg kaya akan serat adalah pepaya. 
apakah demam anda diukur suhunya? sebaiknya diukur untuk mengetahui apakah suhu tubuh benar mengalami kenaikan atau tidak, suhu normal tubuh adalah pada kisaran 36,7-37,6 derajat. jika memang keluhan disertai munculnya ruam biru, kami sarankan anda segera konsultasikan kepada dokter untuk diketahui penyebabnya lebih lanjut, karena kemungkinan lainnya dapat terkait dengan penyakit autoimun, ataupun kelainan darah. dengan melakukan pemeriksaan langsung diharapakan dapat dilakukan penatalaksanaan yg segera dan sesuai. demikian, semoga bermanfaat

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.