URGENT! dada kiri sakit sekali

Malam dok, saya ada keluhan yg sebenarnya sempat saya alami juga di tahun kemarin.

Sudah 5 hari ini setiap tarik dan buang nafas dalam ataupun batuk, dada sebelah kiri saya terasa seperti di tekan dok, di hari pertama saya sempat browsing, dan saya mengira ini hanya maag, tp kenapa sampai skrg di hari ke 5 blm hilang juga ya? Padahal dari hari pertama itu saya konsumsi ranitidin setiap sebelum makan.
Rasa sakitnya hanya sebentar kalau saat batuk dan tarik/buang nafas dalam.
Rasa sakitnya juga terasa lebih kuat dan lama ketika saya merubah posisi tidur dan sakitnya itu ditempat yg sama juga dok.

Nb : Sebelumnya saya pernah merasakan hal sama 3x . tapi yg sebelumnya itu tidak sakit saat merubah posisi tidur, hanya ketika batuk dan tarik nafas dalam saja. Itu pun hilang dengan sendirinya di hari yang sama.

Pertanyaanya : boleh tau itu gejala dari penyakit apa dok? Apa saya harus rongsen organ dalam tubuh?

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
apakah rasa nyeri dari dada kiri tsb menjalar ke daerah lain, misalnya ke rahang, kelingking, dsb? apakah ada riwayat penyakit tertentu, seperti darah tinggi, kencing manis, peny. jantung/paru, lambung? berapakah usia anda? apakah perkerjaan anda sehari-hari? bagaimana pola makan dan isitrahat anda?
rasa nyeri pada daerah tersebut dapat terkait dengan banyak penyebab diantaranya dapat terkait dengan nyeri pada otot sekitar dada, biasanya disebabkan oleh aktivitas tertentu, seperti mengangkat beban yg berat, olahraga, dsb. rasa nyeri dapat juga terkait dengan masalah penyakit tertentu, seperti jantung, paru, atau peny. lambung seperti yg anda utarakan. jika terkait jantung, biasanya dapat ada keluhan lain, seperti mudah lelah, kaki bengkak, nyeri yg menjalar, dsb. penyakit paru biasanya disertai gejala seperti sesak napas, batuk, dsb. untuk penyakit lambung, biasanya nyeri seperti terbakar, dapat menjalar ke area ulu hati atau dada, dapat pula terjadi refluks yg menyebabkan mulut terasa asa. untuk mengetahui penyebabnya, terlebih dahulu, dengan mengevaluasi adakah nyeri terkait dengan salah satu organ tertentu, jika masih belum membaik, sebaiknya diperiksakan ke dokter untuk dapat dilakukan pemeriksaan dan penatalaksanaan yg sesuai. demikian, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.