Alergi susu sapi pada anak setelah tidak ASI

Anak saya Dhyas usia 2,5 tahun berat badan 13 kg. Berdasarkan hasil pemeriksaan dokter spesialis anak, anak saya dinyatakan alergi terhadap susu sapi, dimana saya memeriksakannya sewaktu Dhyas anak saya lepas dari ASI,usia 1tahun 2bulan krn saya hamil anak ke 2. Akan tetapi saat ini di usianya 2,5 tahun dhyas sudah sering minum susu sapi dan olahannya khusus anak dengan tetap saya berikan susu alergi yg utama, yg ingin saya tanyakan dokter, apakah anak saya sudah tidak alergi lagi terhadap susu sapi, dan apakah dengan saya memberikan dhyas susu sapi dan olahannya itu tidak membahayakan kesehatannya, demikian dokter, terima kasih

1 Jawaban Dokter

80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. Jadi ada baiknya saat ini anak ibu dicoba untuk konsumsi susu sapi kembali agar variasi makanannya menjadi lebih baik dan bila diperlukan dapat mencoba susu dengan kalori yang lebih tinggi. Bila ternyata masih alergi, kembalikan pola makan dan minum sesuai dengan alergi susu sapi kembali sampai anak berusia 3 tahun, lalu coba kembali.

apakah anak ibu sudah mencoba makan keju? biskuit? coklat? ice cream? makanan tersebut mengandung susu sapi bu. Jadi bila anak ibu sudah makan makanan tersebut dan tidak ada reaksi alergi, berarti kemungkinan alergi susu sapinya sudah hilang. bila belum dicoba, boleh mencoba kembali sekarang sambil dipantau apakah tanda-tanda alergi susu sapinya muncul kembali.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.