ngeden saat BAB dan BAB tidak sehari sekali

Bay laki-laki usia 2,5 bulan; berat badan 6kg; panjang 60cm. Anak saya minum sufor tapi BAB nya tidak setiap hari terkadang 2 hari sekali atau malah terakhir 3 hari sekali dg kondisi feses yg lembek dan berwarna hijau. Tiap ingin BAB anak saya ngedet banget hingga wajahnya merah (terlihat seperti sulit utk mengeluarkan feses). dan beberapa kali dini hari hingga subuh dia menangis seperti kesakitan perutnya. Apakah anak saya alergi susu sapi?

1 Jawaban Dokter

Pola BAB bayi memang berbeda dengan dewasa, bayi dapat BAB sampai 7x/hari dan itu normal, dan bisa sampai 7 hari tidak BAB dan itu juga normal. Yang penting perutnya tidak kembung sekali, anak minum baik, dan tidak rewel bu.

nah untuk alergi susu sapi bisa saja si anak seperti kesakitan jadi kolik. bila ibu curiga kearah alergi susu sapi coba susunya ganti menjadi susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu. bila gejalanya berkurang berarti koliknya karena alergi susu sapi memang bu.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.