kehamilan

permisi dok, saya mau tanya. saya ada keluhan tentang menstruasi. saya pernah telat sampe 2 bulanan karena saya gemuk itu efek atau bukan intinya saya pernah telat. saya sudah menikah dan pada saat itu saya mens dan pada saat saya mens saya berhubungan badan dengan suami saya karena kita yang jrang ketemu. apakah saya bisa hamil atau tidak ya dok? saya berhubungan badan pada hari ke4 ya memang sudah tidak banyak. untuk menghitung kehamilan pada hari keberapa? terumakasih

2 answer

halo sobat,
jika hubungan seksual dilakukan bukan pada masa subur, kecil kemungkinan untuk mengalami kehamilan. masa subur pada umumnya adalah pada pertengahan siklus plus minus 2 hari, dapat pula diketahui dari suhu basal tubuh (pada masa subur biasanya lebih hangat) dan juga lendir serviks (pada masa subur biasanya lebih elsatis). jikalau ada kecurigaan pada kehamilan, biasanya disertai adanya gejala2 lainnya, seperti gejala morning sickness(rasa mual-muntah), perut semakin membesar, dan tidak menstruasi. untuk mengetahui lebih lanjut sebaiknya diperiksakan ke dokter. untuk menghitung kehamilan, biasanya dimulai dari sejak haid. untuk menghitung kehamilan dan taksiran lahir biasanya digunakan rumus neagle:
Untuk mendapatkan tanggal : Menambahkan 7 (+7) pada HPHT.
Untuk mendapatkan bulan : Mengurangi 3 (-3) pada HPHT
Untuk bulan yang tidak bisa dikurangi 3 (Januari, Februari, Maret) : Menambahkan 9 (+9) pada HPHT dan tahun tidak ditambah.
Untuk mendaatkan tahun : Menambahkan 1 (+1) pada HPHT
Contoh perhitungannya adalah sebagai berikut:
Pada bulan yang bisa dikurangi 3 (-3) HPHT = 5 Juni 2015 atau 05-06-2015
HPL = tanggal (5+7) =12, bulan (6-3)=3, tahun (2015+1)=2016.
Maka hari perkiraan lahir (HPL) nya adalah tanggal 12 Maret 2016
Pada bulan yang tidak bisa dikurangi 3 (-3) HPHT = 5 Januari 2015 atau 05-01-2015
HPL = tanggal (5+7) =12, bulan (1+9)=10, tahun (2015)=2015.
Maka hari perkiraan lahir (HPL) nya adalah tanggal 12 Oktober 2015
dari HPL, dapat dilakukan perhitungan waktu ke belakang untuk mengetahui usia kandungan menurut HPHT. HPHT adalah hari pertama dimana haid terakhir.
metode lain dengan mengukur tinggi fundus uteri (rahim), dan USG demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat
 

#1

saya sudah pake TP saya baca 72 jam setelh berhubungan badan coba diperiksa apakah hamil atau tidak. lalu saya coba tapi hasilnya negatif dok. lalu saya harus pake TP lagi kapan dok? ini hari ke 6 saya mens dan msh keluar darah walaupun sedikit.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.