3 answer

halo sobat,
apakah terdapat keluhan lainnya, seperti gangguan ereksi atau gangguan ejakulasi? apakah ditemukan masalah saat berhubungan seksual? berapakah usia anda?
sperma yg encer dapat disebabkan oleh beberapa hal:

  1. terkait aktivitas seksual yg aktif, kebiasaan masturbasi
  2. kondisi yg kurang fit, kelelahan
  3. jumlah sperma dibawah normal
  4. gangguan ejakulasi ke dalam (retrograde). hal ini memerlukan pengobatan lebih lanjut ke dokter.
  5. dalam tahapan pre ejakulasi

secara umum, jika tidak ada keluhan lainya dan tidak berlangsung terus menerus, seorang pria deewasa dapat sekali wkatu mengeluarkan air mani lebih sedikit 
Anda tidak perlu terlalu khawatir tentang kualitas atau kuantitas air mani yang dikeluarkan oleh penis Anda, kecuali Anda benar-benar tidak mengeluarkan sama sekali atau terasa sakit saat ejakulasi. Pada umumnya, air mani encer adalah kondisi yang normal. 
Selain itu, pria memiliki kesalahpahaman bahwa air mani harus memiliki konsistensi kental dan lengket. Tapi, hal ini tidak sepenuhnya benar. Ketebalan konsistensi air mani dapat bervariasi setiap kali Anda ejakulasi. Kelengketan air mani dimaksudkan untuk dapat membuatnya menempel lebih lama di dalam area genital partner seks Anda, serta meningkatkan peluang sperma untuk mendapatkan kontak dengan sel telur yang subur. Konsistensi air mani encer dapat mengurangi waktu untuk cairan ejakulasi bisa berlama-lama di dalam rahim. Namun, hal ini tidak menghilangkan kemungkinan kehamilan. Anda masih dapat memiliki anak bahkan dengan jumlah air mani yang sedikit, karena banyak faktor lain yang memainkan peran terlepas dari konsistensi semen. Hanya dibutuhkan satu sperma untuk dapat membuahi sel telur.
Satu hal lain yang juga harus dipahami adalah bahwa jika Anda melihat cairan yang keluar dari penis saat Anda terangsang, cairan tersebut tidak selalu berupa air mani utuh. Cairan yang keluar selama Anda terangsang disebut dengan cairan pra-ejakulasi, diproduksi dalam kelenjar Cowper. Cairan pra-ejakulasi berfungsi sebaga penyedia pelumas alami bagi penis selama melakukan aktivitas seksual. Banyak pria yang mengira cairan ini sebagai air mani yang encer. Cairan pra-ejakulasi tidak selalu mengandung sperma.
cara penatalaksanaan dini untuk menjaga kesehatan organ reproduksi dan pengeluaran sperma scr normal adalah:

  1. kendalikan ejakulasi dan mengurangi masturbasi, aktivitas seksual berlebihan
  2. jaga pola hidup sehat
  3. memakai pakaian dalam yang untuk menjaga kesehatan organ reproduksi (menyerap keringat)
#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.