Gatal hebat pada vagina

Pagi dokter. Saya berumur 19 tahun, dari hari Kamis ( 9 Maret 2017 ) sampai hari ini tanggal 12 Maret 2017, vagina saya mengalami rasa gatal, jika tidak digaruk seperti orang sakau, dan saya tahu tidak boleh digaruk. Selain itu, tidak mengeluarkan cairan apa-apa, tidak ada bau tidak sedap, hanya pure gatal yang mengganggu aktivitas saya. Terima kasih

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
apakah keluhan gatal disertai dengan keputihan? apakah anda mencukur area bulu kemaluan?adakah riwayat pemakaian sabun kewanitaan setiap hari?
keluhan gatal pada area vagina kebanyakan terkait dengan infeksi jamur, terutama karena lingkungan yang lembab, selain itu juga dipengaruhi oleh kebersihan di daerah tsb. dapat pula disertai dengan keputihan yang banyak. kebiasaan memakai sabun kewanitaan setiap hari juga mempengaruhi pola pertumbuhan jamur, dikarenakan lingkungan keasaman daerah intim terganggu, sehingga menjadi sesuai untuk pertumbuhn jamur. jika demikian, untuk memastikan diagnosis infeksi, diperlukan pemeriksaan fisik lebih lanjut sehingga dapat dilakukan pengobatan yg sesuai. selain itu, jaga kebersihan organ intim, hindari kebiasaan memakai sabun kewanitaan setiap hari, yg masih diperbolehkan pemakaian 3 kali dalam seminggu.
hal lain, dapat disebabkan oleh iritasi paska mencukur bulu kelamin.
demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.