Mengatur Pola Tidur Anak

Pagi dokter,

Saya punya anak usia 3 bulan, jenis kelamin perempuan. Udah beberapa minggu anak saya susah tidur saat siang hari. Kadang tidur 1-2 jam saja, itupun tidak tiap hari. Pernah dari jam 6 pagi sampai jam 6 sore tidak tidur sama sekali. Tidur digendongan setelah menyusui, saat diletakan dikasur matanya langsung melek dan tidak tidur lagi. Jadi kadang suka rewel dan marah. Kadang suka gak nyaman saat disusi, padahal ASI istri saya pun banyak. Biasa dipompa juga. Akibatnya BB anak saya tidak berkembang pesat. Usia 3 bulan ini BB nya 4.5 Kg dan panjangnya 58 cm.

Saat malam hari tidurnya normal. Mulai dari jam 6 sore. Bisa tidur sampe 3 jam kalau tidak dibangunkan.

Mohon solusinya dokter. Terima kasih banyak.

Reza

1 Jawaban Dokter

Hi sobat sehat,
Pada usia anak anda bisa dikatakan polanya hanyalah makan (menyusu) dan tidur. Tidak ada pola tertentu dan seharusnya bagaimana. Namun yang utama adalah mengikuti kebutuhannya. Maksudnya anak akan bereaksi ketika perlu makan seperti menangis, maka sisanya adalah waktu untuk tidur. Agar bisa tidur tentunya mengkondisikan anak anda kebutuhan makannya terpenuhi dan dalam kondisi nyaman.
Bawa anak anda secara rutin ke posyandu untuk memantau tumbuh dan kembangnya dengan KMS (Kartu menuju sehat) . Timbang setiap bulan secara rutin.
semoga memberi pencerahan
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.