infeksi telingga/ gndang robek

Permisi, Assalamualaikum.. wr wb.
dok maaf mau tanya, wktu kecil dlu saya prna mngalami infeksi telinga trus dibawa berobat ke dokter alhmdulillah sembuh tpi di usia yg ke 12 thun saya trkena gejala itu lagi kluar air ijo agak busuk baunya setlah mngetahui itu saya pun nggk brani bilang sama orng tua saya karena takut wktu itu orang tua saya trdesak ekonomi yg miris. ya sudah trus saya biarin sampai akhirnya kira-kira 1-2 bulan sudah nggk kluar air ijo lagi dan pndengaran sudah mulai kmbali sprti semula tpi masih mrasa ada air yg mngendap di dlm telinga, setelah beberapa sampai skrng usia ku mnginjak 19 thun hal itu terulang kmbali . bagaimana dok apa masih bisa sembuh kmbali sperti smula, ?? atau bisa mngunakan obat-obatan tradisional ? saya gk mau mrepotkan orangtua saya lagi. trimakasih dok , kurang lbihnya saya minta maaf bila ada kata-kata kurang brkenan dan mohon di maklumi. terimakasih perhatianya!

1 Jawaban Dokter

Hi sobat sehat,
Keadaan yang anda alami merupakan infeksi telinga kronis (OMSK) , pada keadaan dimana hingga mengeluarkan cairan maka sedang terjadi infeksi ulangan. 
Pada gendang telinga yang sudah robek tidak bisa kembali seperti semula, namun anda dapat mencegah terjadi nya infeksi berulang dengan mencegah terjadinya infeksi pada rongga tenggorok dan hidung karena akan berhubungan langsung dengan telingan dan menyebabkan terinfeksi berulang.
Periksakan ke dokter untuk penanganan yang tepat. Perlu diketahui pengobatan sakit ini tidak mahal. Pergilah ke PUSKESMAS untuk biaya yang sangat terjangkau.
Obat tradisional tidak disaranakan justru bisa membuat komplikasi hingga infeksi otak.
semoga memberi pencerahan
 

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.