bells palsy

saya terkena bells palsy sudah 5hari. 4hari lalu saya ke neurologist, dan dokter bilang ini ada hububgannya sama infeksi gigi geraham saya. saya disuruh cabut gigi dulu, apakah betul bells palsy ada hububgannya dengan infeksi gigi? thank you. dan kapan baiknya saya melakukan therapy?

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
Bells Palsy adalah kelemahan pada otot wajah yg terjadi secara mendadak akibat kelumpuhan pada persarafan wajah yang berperan dalam koordinasi gerak otot wajah (Nervus 7). penyebabnya sampai saat ini belum jelas, namun disinyalir terkait dengan infeksi virus, seperti herpes, EBV, influenza, mumps virus, coxackie virus, dsb, sehingga menimbulkan peradangan pada saraf dan menyebabkan kelumpuhan. faktor risko yg dapat meningkatkan seseorang terserang bells palsy, yang mengalami penurunan kekebalan tubuh, seperti pada org diabetes, hamil, dsb.
terapi dapat dilakukan sesegera mungkin dan biasanya dilakukan secara simultan dengan mengkonsumsi obat-obatan gol. steroid, antivirus, vitamin saraf (vit. B, zinc), sesuai dengan anjuran dari dokter. sebaiknya anda berkonsultasi pada dokter anda mengenai hal tsb. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.