pundak sakit & sesak nafas

sudah dua hari pundak saya sakit. hari ini pundak saya sakit sampai saat menghirup udara terasa sesak bagian dada kiri. pundak kanan tidak sakit.

bagimanakah menyembuhkannya?
dan penyakit apa, karena seluruh pundak kiri terasa sakit sampai menjalar ke tangan kiri. terimakasih

1 Jawaban Dokter

hai sobat,
berapakah usia anda? sudah berapa lama keluhan ini dirasakan?adakah riwayat penyakit tertentu sebelumnya, seperti darah tinggi, penyakit jantung, diabetes, dsb? adakah keluhan lain selain rasa nyeri yg dirasakan, seperti bengkak pada kaki, mudah lelah, dsb? rasa sakit berlangsung terus menerus atau pada saat2 tertentu saja, nyeri saat anda mengambil nafas atau membuang nafas? biasanya nyeri muncul saat anda melakukan aktivitas tertentu atau saat istirahat juga nyeri? apakah anda melakukan aktivitas tertentu yg didominasi tangan kiri, seperti mengangkat berat atau olahraga tertentu, atau aktivitas berat lainnya yg didominasi tangan kiri? 
keluhan yg anda  alami dapat terkait dengan gangguan pada otot daerah dada dan sekitarnya, terkait pergerakan tertentu, akibat mengangkat berat, atau aktivitas tertentu (olahraga, dsb) yg didominasi tangan kiri, dapat pula disebabkan oleh hal lain, spt riwayat benturan/ trauma di daerah dada kiri dan sekitarnya, selain itu, dapat juga terkait dengan gangguan pada organ di daerah tsb, seperti jantung atau gangguan pada saluran pernapasan anda. masing-masing memiliki keluhan tambahan yg patut untuk diperhatikan dan jika mengarah kepada penyebab tertentu, perlu ditelusuri lebih lanjut. untuk itu, kami sarankan anda melakukan pemeriksaan ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan yg lebih teliti dan tata laksana yg sesuai. demikian, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.