Bagaimana cara menstruasi agar dapat teratur kembali?

Dok, saya sekarang berumur 16 tahun, awal datang menstruasi pada umur 14 tahun.. awal” menstruasi, periodenya tidak teratur, tetapi saat di tahun berikutnya, menstruasi sudah teratur, lalu tiba” menstruasi tak kunjung datang, padahal sudah lewat 35 hari.. di pertengahan bulan, keputihan ada, tetapi setelah hampir” 35 hari sampai sekarang, keputihan tidak ada lagi. Ada masalah apa ya, dok? Tolong dijawab dok.

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
adakah keluhan lain, seperti nyeri saat menstruasi, dsb? berapa rata-rata hari siklus menstruasi anda? apakah ada riwayat penyakit tertentu? adakah riwayat konsumsi obat tertentu?
secara umum, siklus menstruasi normal adalah 28-35 hari. ketidakteraturan menstruasi terkait dengan gangguan keseimbangan hormonal dapat terkait dengan beberapa hal. kondisi stress yg dialami, terutama secara fisik (kelelahan, kondisi yg tidak fit, dalam keadaan sakit) juga dapat mempengaruhi gangguan menstruasi. indeks masa tubuh yg kurang (sangat kurus) atau obesitas juga dapat mempengaruhi keseimbangan hormon dalam tubuh.
keputihan yg dialami seorang wanita dapat merupakan suatu hal normal, atau penanda adanya suatu infeksi, seperti infeksi bakteri atau jamur. keputihan yg normal biasanya berwarna bening/ susu, jumlahnya tidak berlebihan, serta tidak disertai keluhan lain, seperti rasa gatal, iritasi, dsb. keputihan yg tidak normal umumnya berjumlah banyak, berbau, dapat berwarna kung/kehijauan, berbusa, dan dapat disertai rasa gatal dan kemerahan pada area kulit. 
untuk mengetahui penyebab gangguan menstruasi anda secara lebih lanjut, sebaiknya anda memeriksakan diri ke dokter, dan jika dianggap perlu oleh dokter anda, dapat dilakukan pemeriksaan penunjang seperti USG. jika tidak ada gangguan atau keluhan yg berarti, biasanya dokter akan memberikan obat hormonal untuk memicu terjadinya menstruasi. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.