Bagaimana cara mengetahui seberapa bahaya penyakit yang sedang saya idap dan penanganannya

Dok, saya berusia 23 tahun. Sejak umur 20 tahun saya pernah mengetahui kalau disentuh dengan jari ada benjolan yang teraasa dan berada di ujung jari tengah apabila jari tengah dimasukan sampai habis. Saya sering mengalami masalah keputihan yg gatal, berbau dan kadanh sampai seperti susu pecah atau keju (namun tdk pernah berdarah dan tidak setiap hari tapi pasti setelah datang bulan) Sampai sekarang saya tdk pernah hamil wlpn berhubungan saat masa subur. Kira2 apa yg saya derita ya dok ? Saya khawatir bila tdk bs punya keturunsn. Trims dok

2 answer

Hi sobat sehat, 
Benjolan yang anda alami bisa bervariasi penyebabnya dari polip hingga kemungkinan tumor atau kanker. 
Keadaan keputihan yang anda alami merupakan tanda infeksi pada organ intim anda. Yang pasti perlu penanganan dan pemeriksaan untuk menentukan langkah pengobatan.
Hal ini juga mempengaruhi lambatnya atau susah terjadi kehamilan.
Hal lain yang penting saat diobati, maka pasangan seks anda juga harus diobati, karena bisa jadi sudah terjadi penularan saling diantara kalian berdua.
segera periksakan diri anda ke dokter atau RSterdekat.
semoga memberi pencerahan

#1
  1. Apakah penyakit yang saya idap ini penyebabnya adalah dari hubungan sex atau dari keturunan dok ?
    Karena saya blm menikah saya agak malu untuk pemeriksaan ke dokter secara langsung.
    Apabila benjolan ini penyebab saya tidak bisa hamil, dari kemungkinan-kemungkinan yang dokter perkirakan diantara polip, tumor atau kanker kira2 lebih besar kemungkinan yang mana ya dok ?
    Terus bisa tlng dijelaskan gejala2 yg nampak dr ketiga kemungkinan penyakit itu ? Agar saya bisa mencocokan lebih condong ke penyakit manakah dan apakah saya mengalami gejala2ny

Jika terkait infeksi maka erat hubungannya dengan hubungan seksual yang anda lakukan. Untuk memastikan kemungkinan harus dilakukan pemeriksaan, tidak mungkin jika tidak dilakukan pemeriksaan. 
Dampak tergantung dari diagnosis dan stadium hasil pemeriksaan, tidak bisa dari sekedar mencocok2 kan.
periksakan segera, karena jika semakin dini akan semakin bisa diobati.
semoga memberi pencerahan

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.