bayi 7 bulan sulit makan dan minum asi

Dear Dokter,

Anak saya saat ini berumur 7 bulan, sudah mulai Mpasi sejak umur 6 bulan, saat pertama kali makan memang sudah sulit tapi masih mau minum susu. saat ini untuk memberikan anak saya makan pasti nangis atau dimuntah-muntahkan padahal makanan sudah divariasikan, minum susu juga sulit jika di botol susu karena saya bekerja jadi asi saya pompa dan di taruh ke botol tapi kalau malam sering nyusu langsung kesaya tapi saya juga tidak bisa mengkontrol berapa asi yang di minum anak saya.

Apa ada kemungkinan karena giginya mau tumbuh jadi tidak mau makan? tapi jika melihat orang dewasa makan suka di rebut sendok atau makanannya dan suka memasukkan tangan atau benda2 disekelilingnya untuk dimasukkan kemulut. Tapi kenapa makanannya sendiri sangat sulit dimakan ya dok?

Bagaimana mengakali agar anak saya mau makan pendamping asi dan minum asi di botol saat saya bekerja agar berat badannya tidak stag di 6,650kg ya dok?
mohon solusinya

Regards,
Yulia

1 Jawaban Dokter

Staff 01/03/2017
Public

Selamat siang sobat
Pada anak usia 7 bln seharusny memiliki berat ideal yakni 8 kg.
Apakah menyusu ny kuat?
Mpasi pada anak sebaiknya diawal dengan makanan yang sangat lunak seperti roti yang dihaluskan dengan susu, jangan memberikan makanan terlalu keras seperti bubur susu. Jika anak sudah dapat beradaptasi mulai dikenalkan dengan makanan yang lebih keras secara bertahap.

#1
  1. Selamat sore sobat.
    Sebaiknya anda meningkatkan jumlah susu secara bertahap. Dan mencoba menambahkan pemberian mpasi secara bertahap untuk menambah BB menjadi 8 kg. Mpasi bisa di variasikan untuk menunya.
  2. Dear dr. David,

    untuk minum susunya sendiri jam 8 pagi - jam 6 sore hanya habis 3 - 4 botol tiap botol 100 ml. untuk malam saya juga kurang tau karena langsung minum dr saya. saya kira untuk minum juga kurang . kalau makan pendamping asi hanya pagi jam 7 dan sore jam 5. apakah ini cukup dok?

    regards,
    yulia
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.