1 Jawaban Dokter

Selamat pagi ibu, terima kasih atas kepercayaannya kepada kami. dari pernyataan yang ibu tuliskan, saya berasumsi ibu dan suami sudah berusaha untuk hamil selama 13 tahun, tapi kehamilan belum datang.
ada beberapa hal yang perlu dijadikan perhatian:

  1. apakah ibu pengguna KB dalam waktu lama? jika setelah ibu berhenti KB (KB suntik, KB susuk, KB pil maupun KB spiral) dan menstruasi ibu belum datang teratur tiap bulannya, ada baiknya ibu memeriksakan diri ke dokter
  2. Apakah ibu dan suami tidak menggunakan KB dan belum memiliki keturunan selama ini? Ibu dan suami sudah memiliki 1 anak dan ingin nambah anak tapi belum hamil selama 13 tahun ini

Saya anggap kondisi ibu dan suami termasuk yang kedua. Pasangan suami istri yang sudah pernah memiliki anak, namun saat ini belum hamil lagi setelah 13 tahun berusaha, perlu periksa ke dokter. Pemeriksaan dilakukan kepada suami dan kepada istri. Prosedur pemeriksaan yang dilalui sama seperti pasangan yang belum pernah punya anak sebelumnya.
Di masyarakat, ada fenomena suami enggan untuk memeriksakan dirinya kepada dokter, apalagi jika mereka sudah memiliki anak dan saat ini berencana nambah anak. Gangguan kesuburan terjadi pada pria dan wanita. Riwayat punya anak sebelumnya tidak menjamin pria maupun wanita akan subur terus hingga akhir hayat. Banyak hal bisa terjadi selama hidup dan dapat mengganggu kesuburan pria maupun wanita. Jika saat ini ibu dan suami sudah berusaha untuk nambah anak selama 13 tahun tapi belum berhasil, anjuran saya yang paling penting adalah memeriksakan diri ibu dan suami bersama-sama untuk tahu apa penyebab ibu dan suami belum dikarunia kehamilan lagi. 
semoga informasi ini bermanfaat. salam sehat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.