Dagu terasa Nyeri

Dok, di sekitar dagu saya terasa nyeri bila di raba maupun di tekan. Tetapi kalo makan atau saat menguyah tidak terasa sakit. Terasa nyeri bila saya sedang tertawa maupun senyum. Kira-kira saya kenapa ya dok?
Terima kasih?

7 answer

halo sobat,
terimakasih atas pertanyaan anda, daerah dagu manakah persisnya lokasi yg terasa nyeri? apakah pada bukaan rahang (daerah dekat telinga)? pernahkah anda mengalami kesukaran saat membuka atau menutup mulut? apakah rahang terdengar berbunyi saat anda bicara atau tertawa? adakah riwayat benturan di daerah dagu dan sekitarnya? adakah kelainan/perubahan pada kulit area tsb?
penyebabnya dapat beragam, jika ada riwayat benturan, kemungkinan terkait dengan cedera otot di daerah dagu dan sekitarnya, kemungkinan lainnya terkait dengan kelainan pada sendi rahang (temporomandibular joint/TMJ). TMJ adalah sendi yang kompleks yang menghubungkan rahang bawah dengan tengkorak. Tersusun atas tulang, tali sendi/ligamen, otot, tulang rawan, dan pembungkus otot (fascia). Sendi rahang bergerak saat kita makan, berbicara, menelan, dll. Selain otot, tulang, tali sendi, tulang rawan, dan fascia, terdapat banyak saraf dan pembuluh darah yang melewati sendi tersebut. Setiap gangguan terhadap komponen-komponen pembentuk sendi atau penyumbatan aliran cairan sendi, dapat mengakibatkan rasa nyeri dan ketidaknyamanan.sebagian besar penyebab dari kelainan sendi temporomandibuler adalah gabungan dari ketegangan otot dan kelainan anatomis pada sendi, kadang disertai faktor psikis. kelainan ini paling sering terjadi pada wanita berusia 20-50 tahun. gejala-gejalanya bisa berupa sakit kepala, nyeri tumpul pada otot-otot pengunyah dan sendi keceklik atau terkunci. kelainan ini juga paling sering menyebabkan nyeri kepala yg hilang timbul. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

#1

Di sisi dagu dok, bukan di rahang atas dekat telinga. Ketika saya merapatkan bibir atas dan bawah atau mingkem itu terasa ngeri tapi tidak terasa sakit bila mengunyah. Tidak ada memar dok.

#2

halo sobat,
kemungkinan lainnya adalah terkait gejala pembesaran kelenjar getah bening. hal ini dpt terjadi jika terdapat infeksi pada area mulut dan sekitar nya, serta dapat menimbulkan nyeri saat ditekan maupun tidak. kelenjar getah bening adalah salah satu mekanisme tubuh untuk bertahan terhadap berbagai infeksi. kemungkinan lainnya dapat terkait dari tanda-tanda inflamasi lokal di daerah tsb, seperti pertumbuhan jerawat. untuk memastikan bbg hal tsb, anda dapat memeriksakan diri ke dokter, sehingga dapat dilakukan pemeriksaan serta penanganan yg sesuai. demikian, semoga bermanfaat

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.