1 Jawaban Dokter

halo sobat,
terimakasih untuk pertanyaannya, maaf informasi yg anda berikan kurang jelas. dapat kah anda mengulangi pertanyaan anda kembali?
berapakah usia anda saat ini? anda laki-laki atau perempuan? bila perempuan, apakah sudah menopause? apakah pekerjaan anda? adakah riwayat trauma/benturan di daerah tsb? adakah kelainan lain, seperti bengkak, emerahan, perubahan pada kulit pada daerah keluhan?adakah anda melakukan aktivitas tertentu yg menggunakan tangan yg sakit sebelumnya? tangan yg sakit salah satu atau keudanya? apakah nyeri selalu dibarengi pula dengan nyeri lutut?
nyeri dan kram pada tangan, area lutut, dapat dipengaruhi oleh banyak hal. terkait usia tua, terutama ada wanita paska menopause, rasa nyeri dapat timbul akibat pengapuran dan peradangan sendi, hal ini disebabkan karena perubahan regulasi hormonal dlm tubuh saat menpause sehingga dapat mempengaruhi tulang dan sendi.
untuk penanganan sementara thd nyeri, anda dapat mengkonsumsi obat anti nyeri gol. paracetamol,atau asam mefenamat, dsb. hal ini sebaiknya dikonsultasikan ke dokter, sehingga dapat dilakukan penanganan yg sesuai dengan penyebabnya. demikian, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.