kelebihan gula saat hamil

sore dok, sekarang saya sedang hamil usia kandungan 31 minggu.
saat komtrol terakhir kmren berat bayi aq baru 1700gram,apa wajar dengan usia kandungan aq yg segini?

lalu saat cek darah kmren ternyata gula aq lebih dok, sehingga 2minggu lagi aq disuruhcek darah lagi untuk mengetahui gula darah aq sudah turun atau belum.

untuk kelebihan gula tersebut apa mempengaruhi janin aq dok?
apa pengaruh nya pada saat persalinan nanti dok?
dan apa saya masih bisa lahiran normal dok?

mohon jawabannya ya dok. terimakasih

4 answer

Selamat malam ibu. terima kasih atas kepercayaannya kepada kami. beberapa pertanyaan ibu akan coba saya jawab
 

  1. dalam menentukan berat badan janin, perlu dilihat dua hal yaitu penambahan berat badan dibandingkan hasil pemeriksaan sebelumnya, serta berat badan janin dibandingkan dengan usia kehamilannya. Jika kita hanya menilai berat badan janin dalam usia 31 minggu, nilai 1700 gram dalam persentil 50. Nilai tersebut masih dalam batasan wajar. 
  2. Kelebihan gula terutama jika ibu mengalami diabetes melitus dalam kehamilan, dapat berpengaruh pada bayi ibu. Bayi ibu bisa bertumbuh lebih besar dibandingkan bayi lainnya. Pemeriksaan berulang untuk memastikan ada tidaknya diabetes pada ibu diikuti oleh pengobatan yang sesuai, tentunya lebih baik bagi ibu dan bayi ibu
  3. Terkait cara persalinan ibu. Sulit bagi saya untuk menjawab  apakah ibu pasti bisa lahir normal atau tidak mengingat kondisi konsultasi online semacam ini. Dalam menjawab metode persalinan ibu, orang yang paling tepat untuk menjawabnya adalah dokter atau tenaga kesehatan yang melakukan pemeriksaan pada ibu. Secara umum, persalinan 80% berlangsung dengan normal, dan dokter ataupun bidan akan menyarankan persalinan operasi sesar hanya jikalau persalinan normal dirasakan membahayakan ibu dan/atau janin ibu. semoga informasi ini membantu. salam sehat
#1

selamat malam dok
terima kasih untuk jawabannya.
saya mau tanya lagi lalu makanan apa yg baik untuk saya konsumsi untuk mengurangi kadar gula darah saya ya dok?
mengingat saya di sarankan dokter kandungan saya untuk tidak makan banyak manis.
dan saya tidak bisa minum susu dok di karenakan mual.
dan saya mengalami muntah2 yg luar biasa sampai usia 4bulan.
bahkan u

#2

bahkan sampai sekarang saya masih mual untuk minum susu atau teh dok.
meskipun porsi makan saya saat ini sudah lumayan tapi dokter kandungan saya menyarankan untuk makanan yg bergizi sehingga berat badan yg naik bukan hanya pada saya melainkan pada bayi saya juga.
terimakasih dok.

#3

Selamat pagi ibu. kehamilan memang membawa banyak perubahan pada tubuh ibu, salah satunya adalah mual muntah yang terkadang masih dialami hingga akhir kehamilan. Ada beberapa jenis makanan yang mana setelah ibu hamil, makanan tersebut menimbulkan mual dan muntah. hal ini wajar sekali dan sering ditemukan pada ibu hamil
Mengenai jenis makanan untuk mengurangi gula darah. Yang penting untuk disadari adalah dua hal yaitu: -menghindari karbohidrat sederhana, saran dokter kandungan ibu benar sekali, ibu perlu mengurangi makanan yang manis seperti kue (kue lapis, kue bolu, kue maroon, kue coklat dll. hampir semua jenis kue termasuk jenis karbohidrat sederhana). 
-Perbanyak konsumsi sayuran, buah dan karbohidrat kompleks. karbohidrat kompleks seperti jagung, nasi merah, singkong, umbi, kedelai, dll. 
-aktivitas ringan-sedang selama hamil. olahraga seperti jalan cepat, senam hamil, berenang dan lainnya. aktifitas fisik dan diet membantu mengatur level gula darah ibu
-Jika memang obat pengatur gula darah dibutuhkan, tolong ikuti saran dokter anda untuk mengkonsumsinya. ada mitos yang beredar di masyarakat bahwa ibu hamil tidak boleh minum obat untuk diabetes (kencing manis) selama hamil. Pendapat ini kurang tepat dan justru bisa membahayakan ibu dan bayi ibu. jika ibu memiliki diabetes dalam kehamilan dan obat penurun gula darah dibutuhkan, ada baiknya ibu mengikuti nasihat dokter ibu. Bilamana ada keprihatinan ataupun kekuatiran mengenai obat yang diberikan, komunikasi dan bertanya kepada dokter ibu adalah solusi terbaik, sebelum ibu memutuskan untuk mengikuti mitos di masyarakat. 
semoga informasi ini bermanfaat. salam sehat

#4
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.