Batuk Pilek

Slmt sore dokter,
Sy mau tanya dok. Ibu sy usia 50 th. Sdh 3 hari ini batuk pilek. Dihari ke 2 kemarin lendir ( ingus) keluar darah. Sampai hari ini ingus dr lubang hidung kiri msh ingus darah yg keluar. Warna darah tidak segar.
Sy kira kemarin krn ingus dipaksa keluar, jd hidung bagian dalam terluka, tp setelah sy periksa pakai penligh sprtinya tdk ada luka.
Bagamana penangannya dok ?
Apakah boleh minum vitamin K untuk penangan darah yg keluar ? Jika boleh dosisnya bgmn dok? Trimakasih dok .

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
apakah darah yg keluar darah segar atau lendir (ingus0 disertai bercak darah? kemungkinan darah tsb berasal dari pembuluh darah pada hidung yg pecah, bisa terjadi saat anda membuang lendir ingus dengan keras. sumber luka memang seringkali sulit untuk dilihat karena tertutup dengan bulu hidung, atau jika luka terjadi pada pembuluh darah yg lebih dalam (di bagian atas). jika perdarahan terus berlangsung berupa mimisan, sbg pertolongan pertama anda dapat mencoba sedikit membungkukkan badan kemudian menjepit lembut pangkal hidung dengan ibu jari dan telunjuk selama 20 menit atau dengan mengompres daerah pangkal hidung dengan es. asam traneksamat (vit. K) dapat dikonsumsi dengan dosis 500 mg frekuensi 2-3 kali sehari, sebaiknya sesuai anjuran dokter. perlu diwaspadai pada orang dengan gangguan ginjal. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.