3 answer

hai sobat,
gatal pada selangkangan/lipat paha paling banyak disebabkan oleh infeksi jamur. selangkangan adalah daerah tubuh yang tertutup dan seringkali lembab sehingga cocok untuk pertumbuhan jamur, terutama apabila daya tahan tubuh menurun, dan juga terkait dengan higienitas/kebersihan seseorang, pakaian yg dipakai (tidak menyerap keringat) sehingga menciptakan lingkungan yg sesuai untuk pertumbuhan jamur. gejala dominan yg dialami biasanya adalah rasa gatal, selain itu, kulit di daerah tersebut biasanya akan kemerahan, disertai dengan bagian tepian yang biasanya berwarna lebih kemerahan/gelap dan juga dapat disertai kulit-kulit kering/mati di area yg ditumbuhi jamur. dapat pula disertai luka lecet akibat garukan. 
untuk obat-obatan tergantung penyebabnya, jika memang terkait infeksi jamur, pengobatannya dengan antijamur, disertai pengobatan terhadap keluhan gatal, gol. antihistamin.
penyebab lainnya terkait alergi, adanya peny. kronik metabolik tertentu, seperti diabetes melitus, gigitan serangga, dsb.
demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1

Hi sobat sehat , 
pada keadaan anda jika memang karena infeksi jamur , makan perlu pengobatan berkelanjutan . 
Anti histamin hanya mengatasi gejala namun tidak menyelesaikan masalah. 
periksakan ke dokter atau RS terdekat untuk memastikan penyebab sehingga diberikan obat dengan tepat.
semoga memberi pencerahan

#3
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.