memar di lutut

dok..saya habis jatuh dan mengalami benturan di lutut. Udh hampir sebulan tp kok memar belum hilang ya di lutut? dan masih terasa nyeri padahal tidak ada luka luar. apa memang memar lutut lama sembuhnya? kalo saya ke dokter…harus ke spesialis apa ya? sebagai info saya bisa berjalan lompat olahraga dan jongkok tanpa sakit. memar ini hanya sakit bila ditekan saja.

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
apakah memar disertai dengan luka di daerah tsb, seperti luka lecet, mengeluarkan darah atau bengkak? apakah anda memiliki riwayat penyakit tertentu, seperti gangguan pembekuan darah? apakah ukuran memar sama saja atau mengecil?
memar (Hematoma) adalah kumpulan darah tidak normal di luar pembuluh darah. Kumpulan darah ini bisa berukuran setitik kecil, tapi bisa juga berukuran besar dan menyebabkan pembengkakan. jika tekanan pada pembuluh darah tersebut kuat, maka waktu penyembuhan dapat memakan waktu lebih lama dan memar akan melebar.
Pengobatan untuk hematoma yang muncul pada kulit dan jaringan lunak seringkali ditangani cukup dengan hanya beristirahat, mengompres dengan es batu, pembalutan atau penekanan untuk menghentikan perdarahan, dan elevasi (mengangkat organ tubuh lebih tinggi dari jantung untuk mengurangi aliran darah ke area yang mengalami perdarahan). Teknik ini dikenal dengan istilah RICE/rest, ice, compression, elevation.
Beberapa dokter juga menyarankan untuk menjalankan terapi panas sebagai penanganan hematoma alternatif tiga hari setelah perdarahan diatasi. Rasa sakit yang disebabkan peradangan di sekitar hematoma, bisa diatasi dengan obat pereda rasa sakit.
Jenis penanganan hematoma dipilih berdasarkan pada kondisi kesehatan penderita. Sedangkan perawatan untuk hematoma pada organ lain dalam tubuh bergantung pada jenis organ dan kondisinya.
Hematoma bisa menyebabkan peradangan dan pembengkakan. jika dengan terapi sederhana yg sudah dijelaskan diatas, memar tetap tidak membaik, sebaiknya anda berkonsultasi kepada dokter. anda dapat ke dokter spesialis penyakit dalam atau dokter penyakit dalam sub spesialis hematologi. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.