usia 2 th blm bicara

dear team dokter pro sehat

saya memiliki anak usia 2th pas. tapi blm bisa bicara secara jelas. dia baru bisa ucapkan \\"mamah papah bababa gagah wawa ikem dan kata2 serabutan lainnya\\" namun kata2 nya itu blm tertuju. jd dia mengucapkan semaunya dia.
jujur sebenarnya saya sangat amat khawatir sampai saya tidak mampu memberanikan diri konsul ke dokter dengan harapan nanti akan bicara yg jelas pd waktunya.
anak saya penyajiannya masih di blender dan bubur krn malas ngunyah. kl saya kasih yg keras2 dia suka gk mau suka keselek
tapi anakku sudah mengerti kalo disuruh (kaya disuruh tutup pintu dia ngerti dan nurut). anakku juga uda kalo disuruh contohkan batuk dia contohkan sendiri gaya batuk. sudah hapal gambar2 binatang dan benda2 lainnya kl saya sebutkan dia nunjukkan ke nama binatang atau benda yg saya tunjuk. (secara nalar dia uda jalan)

mohon sarannya dokter.

terima kasih atas sarannya

salam
eka

2 answer

dear dr. pro sehat
melengkapi pesan sebelumnya #maksudnya anakku sampai saat ini penyajian makannya msh di blender dan bubur

terima kasih atas sarannya dok

salam
eka

#1
Staff 23/02/2017
Public

Hi Eka, 
Lakukan terus stimulus dan ajak anak bicara akan tetapi gunakanlah intonasi dan gaya bicara yang normal tidak perlu yang seperti kekanak-kanakan agar anak pun dapat merekam dengan baik. Bacakan juga cerita setiap malamnya serta dapat juga berbagai stimulus bahasa lainnya seperti dengan bernyanyi, bila hingga 6 bulan kedepan belum ada perkembangan juga memang tidak ada salahnya melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter spesialis tumbuh kembang anak agar mendapatkan pemeriksaan lebih lanjut sehingga penanganannya pun dapat lebih sesuai.
Semoga bermanfaat dan salam sehat selalu.

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.