bayi tidak mau tersenyum dan tertawa, hanya melihat terpaku pada orang yg mencoba berinteraksi

dokter, bayi saya jalan 5 bulan minggu lalu terkena batuk pilek dan sakit mata, maka kami bawa ke dokter anak, dan diberikan obat mata cendo, rhinos dan epexol drops. kami bawa ke dokter pd hari senin 13 feb, hari kamis dan jumat, keadaannya sudah membaik, lumayan ceria, namun pada hari sabtu, dia tiba2 rewel, badannya panas saat minggu subuh saya cek.. 38 c..lalu paginya demam turun, dan tiba2 naik lagi di siang hari, karena kami panic, maka malamnya saya bawa ke bidan dekat rumah..
disitu diberikan bidan racikan antibiotic, (itu kejadian hari minggu 19 feb) dan hari senin tgl 20 feb, dia rewel luar biasa, dan tanda2 yang saya bingung adalah semenjak hari senin itu sampai skrg, tgl 23 feb, tidak ada senyumanpun di wajahnya, tidak ada tertawa, dan ketika diajak komunikasi, dia hanya melihat orang yang mencoba berinteraksi dengan dia..hanya menatap polos..
apakah hal itu berbahaya dok? jjur saya sangat takut, mengapa hal itu bias terjadi, tidak biasanya dia sepasif dan selemas itu,
mohon jawaannya dok, terima kasih

1 Jawaban Dokter

hai sobat,
apakah setelah berobat ke bidan dan minum obat dari bidan anak anda masih demam? adakah keluhan lainnya yg dialami anak anda selain demam saat ini, seperti batuk/pilek? adakah riwayat penurunan kesadaran (cenderung mengantuk, tidak merespon saat dipanggil)? apakah ada riwayat kejang pada anak anda (kelojotan, mata mendelik keatas)?
keluhan yg dialami anak anda saat ini bisa terkait dengan proses sakit yg masih berlangsung, sehingga anak masih merasa lemas dan lesu. untuk mengetahui kondisi dan penyebabnya secara lbh jelas, kami sarankan anda memeriksakannya lagi kepada dokter anak anda, dan jika perlu mungkin akan dilakukan pemeriksaan darah menginat demam yg naik turun selama beberapa hari. untuk pertolongan pertama saat demam, anda dapat menyediakan obat demam seperti paracetamol di rumah, sehingga, jika mulai demam (suhu diatas 37.6 derajat), obat demam dapat diberikan, perbanyak pula asupan air putih untuk mencegah dehidrasi, dan bila bajunya basah atau telah berkeringat banyak, sebaiknya segera diganti. jika dlm kurun wktu 4 jam masih demam, dapat dibantu dengan kompres hangat di dahi atau ketiak demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.