gatal dan merah pada sekitar area leher

anak sy perempuan usia 1 tahun bb 7kg, leher nya gatal2 sprt alergi, dr umur 0bulm smpai sekrg ttp asi exclusif, pernh wkt itu anak saya gigit2 botol susu kakak nya (kakak nya hbs minum susu nutrilon) tdk lama langsung bibir nya keluar bentol dan merah2, sekrg leher nya pun merh dan gatal dan semakin melebar, sy pernh coba kasih susu nutrilon royal tp tdk mau, pertanyaan sy apakah alergi susu sapi ini bs berkepanjangan smpai dia besar, makanan laut, telur, apakah bs mempengaruhi juga bila ia konsumsi, apakah ada solusi nya spy alergi ini bs hilang. tks atas jwban nya dokter

1 Jawaban Dokter

80% anak yang menderita alergi susu sapi sudah hilang alerginya diusia 1 tahun bu, 90% sudah hilang diusia 2 tahun, dan 99% anak alerginya sudah hilang di usia 3 tahun bu. mencoba makanan yang mengandung susu sapi boleh dilakukan setiap 6 bulan-1thn. Bila 1thn masih alergi, kembalikan pola makan dan minum sesuai dengan alergi susu sapi kembali sampai anak berusia 2 tahun, lalu coba kembali.

apakah anak ibu sudah mencoba makan keju? biskuit? coklat? ice cream? makanan tersebut mengandung susu sapi bu. Jadi bila anak ibu sudah makan makanan tersebut dan tidak ada reaksi alergi, berarti kemungkinan alergi susu sapinya sudah hilang. bila belum dicoba, boleh mencoba kembali sekarang sambil dipantau apakah tanda-tanda alergi susu sapinya muncul kembali.

selain susu sapi, makanan yang juga sering menimbulkan alergi adalah telur, seafood, dan kacang2an bu. jd bisa saja anak alergi susu sapi dan seafood misalnya. bisa juga hanya susu sapi saja.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.