penyebab terlambat berjalan

siang dok, saya mempunyai abak usia 1,5 tahun tetapi belum berjalan. sedangkan dia sudah bisa rambatan dr usia 11bulan. jika d lepas pegangan dia jatuh. sedangkan saya sudah stimulasi dengan cara d titah, memberi mainan untuk di dorong”. yg saya mau tanyakan, penyebab nya apa sampai lama berjalan sedangkan dr usia 11 bulan saja dia sdh bisa rambatan? ? terima kasih sebelumnya dok

1 Jawaban Dokter

hai sobat,
sudahkah anda mengkonsultasikan hal tersebut pada dokter anak anda? Bayi bisa berjalan dengan bantuan atau ditatih saat dia mampu mengangkat dirinya sendiri saat berusia 8-9 bulan. Proses ini bisa meningkatkan keberanian dan kepercayaan dirinya untuk melangkahkan kaki seorang diri. Tahapan ini merupakan bagian terpenting dari berjalan. Jika si Kecil sudah bisa berdiri tanpa bantuan, berarti dia sudah memiliki keseimbangan yang bisa menjadi bekalnya untuk berjalan. Biasanya tahapan ini terjadi pada usia 9-12 bulan. Stimulasi yang bisa diberikan adalah latih si Kecil untuk berdiri. Ajak si Kecil bermain dengan cara duduk bersama-sama, lalu bantu dia berdiri. Ketika berdiri, hitung berapa lama dia bisa bertahan dengan posisi seperti itu. Tumbuhkan kepercayaan dirinya dengan terus memuji dan menyemangatinya ketika dia berhasil bertahan berdiri semampunya.Setelah perjalanan panjang, akhirnya si Kecil bisa berjalan sendiri. Umumnya ini terjadi pada bayi berusia 12-18 bulan. Saat baru bisa berjalan, mungkin si Kecil agak kehilangan keberaniannya dan memilih untuk merangkak. Namun itu hal yang wajar. Lama-kelamaan dia juga akan terbiasa memijakkan kakinya.
Sebagian orang tua mungkin ada yang tidak sabar ingin melihat anaknya bisa berjalan dengan cepat atau mungkin takut meninggalkan anak tanpa pengawasan dan akhirnya meletakkan si Kecil pada baby walker. Sebaiknya hindari hal itu karena baby walker bisa menghambat pertumbuhan otot-otot kakinya. Selain itu, baby walker juga bisa membahayakan si Kecil karena alat ini bisa membuatnya berkeliling menjangkau apa pun.
Hindari pula pemakaian sepatu pada anak yang belum bisa berjalan. Berjalan dengan kaki telanjang bisa membantunya meraih keseimbangan dan koordinasi. apabila dengan segala upaya yg dilakukan, anak anda belum dapat berjalan, kami anjurkan mengkonsultasikan lebih lanjut kepada dokter anak anda sehingga didapatkan tata laksana yg sesuai.
demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.