Bagaimana cara menghilangkan kafein yang ada di dalam tubuh?

Saya setiap pagi minum kopi sachet, ketika saya minum kopi pagi hari saya bisa tahan ngantuk sampai siang atau bahkan sampai sore. tapi kalau saya nggak minum kopi, masih pagi pun saya udah merasa ngantuk dan badan saya rasanya lemas sekali. bahkan saya tidak bisa menjalankan aktivitas sehari-hari dengan baik dan sulit untuk berkonsentrasi pada pelajaran. bagaimana solusinya dok?
Terima kasih

1 Jawaban Dokter

halo sobat Salma,
kafein berperan sebagai stimulan sistem saraf pusat sehingga mempengaruhi seseorang untuk lebih terjaga. namun yang perlu diperhatikan, jika terlalu banyak dikonsumsi dapat menyebabkan sakit kepala. jika terbiasa mengkonsumsinya, jika dihentikan pada beberapa org juga dapat menimbulkan keluhan sakit kepala. konsumsi kafein juga dapat mengganggu pencernaan dan seringkali menimbulkan gejala dispepsia (nyeri lambung, kembung, mual) karena dapat memicu peningkatan asam lambung. anda mungkin dapat mencoba mengurangi konsumsi kopi sedikit demi sedikit.
untuk mengurangi rasa kantuk dan lemas, anda dapat mencoba memperbaiki pola istirahat anda dengan pola tidur yang baik dan berkualitas, serta diimbangi dengan pola hidup sehat lain, seperti olahraga teratur dan makan makanan yg sehat dan bergizi sehingga dapat menjaga kebugaran dan kesehatan tubuh. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.