Komposisi obat

Dok saya mau tanya saya ada obat sudah terdaftar BPOM RI dengan kode TR. 113 322 631 memiliki komposisi Morinda citrifolia 80 mg Centella asiatica 45 mg Curcumae Xanthorhiza 50 mg Curcumae zendoaria 40 mg Sonchus arvensis 50 mg bahan tersebut efek sampingnya apa? Apakah dari kelima bahan tersebut salah satu di antara bahan tersebut dapat mengakibatkan kerusakan ginjal? Terima kasih sebelumnya

1 Jawaban Dokter

halo sobat Yoshua,
komposisi yang anda kemukakan merupakan komposisi obat-obatan herbal. pada dasarnya tidak masalah untuk dikonsumsi apabila sudah dikonsultasikan dengan dokter sebelumnya. Orang yang mempunyai penyakit tertentu sebaiknya menghindari obat – obatan herbal oleh karena obat herbal sendiri masih banyak yang belum diteliti lebih lanjut apakah memang berkhasiat ataukah lebih memperburuk kondisi kesehatan atau penyakit yang diderita.
Morinda / mengkudu dalam dunia medis manfaatnya masih diragukan. Dibutuhkan penelitian lebih lanjut untuk menyatakan buah ini memang dapat berkhasiat dalam dunia kesehatan. Terdapat beberapa kalangan yang harus menghindari mengonsumsi mengkudu diantaranya adalah : ibu hamil, memiliki penyakit organ hati, memiliki kadar potassium tinggi di dalam tubuh ( mengkudu menaikkan kadar potassium sehingga dapat menimbulkan gangguan ginjal ). Cantella / pegagan biasanya digunakan untuk membantu permasalah kulit, akan tetapi hal inipun masih perlu dilakukan penelitian lebih lanjut. Pegagan sendiri harus dihindari pengonsumsiannya oleh : ibu hamil, ibu menyusui, menderita penyakit hati, dll. Curcuma / temulawak yang mengandung minyak etheral dipercaya ada manfaatnya bagi kesehatan diantaranya seperti mengobati gangguan pencernaan. Temulawak sendiri harus dihindari oleh : ibu hamil, ibu menyusui, menderita penyakit hati dan empedu, dll. Sedangkan Sonchus / tempuyung dikenal dapat mengobati batu ginjal.  
demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.