bagaimana cara mengembalikan warna kulit yang melingkari jerawat di pipi saya

Ass. Wr. Wb..
Saya remaja usia 17th, kulit wajah terutama di bagian pipi kanan saya berjerawat seperti nanah, kebetulan saya pakai cream perawatan wajah dari Estetika untuk kecantikan. Kalau untuk pencerahan wajah, saya sudah ada perubahan. Namun untuk jerawatnya sayabtidak cocok dengan krim disana, karena sudah saya pakai 3bulanan tetap tidak hilang2 jerawatnya. akhirnya saya memakai medi-klin warna ungu, jerawat sudah agak kering, namun sudah satu minggu ini tibatiba mucul kulit putih dipinggir jerawat saya, yang kulit putihnya berbentuk bulat melingkari jerawat saya. apa mungkin karena saya menggunakan medi-klin ungu sehari sebanyak 3x ya? Apakah saya melebihi dosis pemakaian? lalu bagaimana untuk mengembalikan ke warna kulit semula? terima kasih Dok.
Wss. Wr. Wb.

1 Jawaban Dokter

hai sobat,
jerawat disertai nanah menandakan adanya infeksi pada area kulit berjerawat. pemakaian medi-klin memiliki kandungan antibiotik berupa klindamisin, sehingga jerawat membaik kemungkinan besar disebabkan aplikasi obat yang sesuai dengan penyebab infeksi pada area berjerawat tersebut. pemberian biasanya sebanyak 3-4kali masih termasuk dalam dosis yang aman. mengenai kulit yang berwarna keputihan di area sekitar jerawat paska pengaplikasian obat, apakah kulit putih yg dimaksud berupa kulit yang kering (berupa pengelupasan kulit)? adakah keluhan pada area kulit yang berubah warna tsb, seperti gatal, panas, dsb? 
bercak keputihan yang timbul pada area jerawat dapat terkait dengan obat yang mengering sehingga membentuk semacam kerak dan bila dibasuh, biasanya adapat hilang dengan sndirinya, dapat pula terkait dengan pigmentasi kulit (perubahan warna kulit) paska inflamasi (peradangan yg disebabkan karena jerawat), dapat juga terkait dengan adanya infeksi lain. untuk memastikan penyebabnya, perlu dilakukan pemeriksaan terhadap area kulit anda secara langsung sehingga dapat dilakukan pengobatan yang sesuai. demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.