batuk berdarah

Saya wanita 28 th, seorang ibu rumah tangga yg sering beraktifitas di luar ruangan..
saya mengalami batuk udah 3minggu, tp tidak mengeluarkan dahak.
kemudian batuk saya semakin menggelitik hingga saya kesulitan untuk tidur slama 5hari. Karna terlalu menyiksa saya minum obat alphara di apotek tnp resep dokter dan ketika saya minum obat, batuk saya mereda, dan ketika malam saya bs tidur, krn saya hny meminumnya ketika malam hari saja selama 7hari. Setelah itu saya meminumnya lagi tp saya batuk lagi tp tdk begitu sering, tp batuk saya terasa berat hingga rusuk kiri atas sakit, tp tdk menyeluarkan dahak. Tp saya merasa tubuh saya seperti kepenuhan oksigen dan gak bs kluar. Saya mencoba untuk bersendawa tp gak bs. Saya merasa kesulitan bernafas dan dada sakit.
Akhirnya bs bersendawa/kentut akhirnya lega.
Nah ketika selesai batuk saya meludah. Saya liat luadah saya ada seperti darah berwarna merah sedikit. Tp bukan dahak. Kira kira saya kenapa? Dan pengobatan apa yg bs saya lakukan. Krn Anak saya jg batuk tp tdk seperti saya.
Trima kasih dokter. Semoga jawaban anda bs melegakan hati saya

1 Jawaban Dokter

Hi sobat sehat, 
perlu diketahu bahwa reaksi batuk bisa disebabkan beberapa hal, dari reaksi peradangan akibat alergi , reaksi peradangan akibat infeksi, maupun reaksi peradangan akibat hal lain terkait sistem imunitas.
Mengetahui penyebab menentukan penanganan yang tepat. Maka dari itu baiknya pada anda adalah pergi ke dokter atau RS terdekat untuk dilakukan kajian mendalam dan pemeriksaan guna memastikan keadaan dan mendapat penanganan yang tepat. Menggunakan obat keras tanpa pengawasan dokter justru bisa berakibat sakit berkepanjangan.
darah pada dahak anda saat batuk bisa diakibatkan iritasi pda saluran nafas atau secara khusus pada jaringan paru-paru.
periksakan segera dan pastikan pengobatan tepat atas saran dokter
semoga memberi pencerahan

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.