pusing dan pegal pegal

Dear Dokter,

tanggal 6 februari 2017 saya baru saja selesai operasi tumor di kaki.
dimana saya di suntik bius setengah badan.
selesai operasi dan bius hilang. badan terasa sakit.

bagian yang sakit:
1. kepala
2. leher belakang
3. tulang belakang
4. pinggul

yang di rasakan:
1. pala teramat sangat pusing seperti mau pecah ketika duduk dan berdiri
2. leher tidak bisa di gerakan ketika duduk dan berdiri
3. badan tidak bisa di gerakan ke kanan dan kekiri ketika duduk dan berdiri
4. rasa mual dan ingin muntah ketika duduk dan berdiri
5. dada terasa sakit di bagian tengah dan kiri ketika tidur, duduk dan berdiri

rasa hilang ketika:
1. tidur terlentang
2. tidur tengkurap
3. tidur miring kanan maupun kiri

apakah ini efek bius setengah badan atau yang lain?
padahal yang di operasi kaki, kenapa badan dari pinggul yang keatas yang bermasalah?
sedangkan bagian badan dari pinggul ke bawah tidak apa2.

dan hingga sekarang rasa sakit itu berlanjut.
jadi ketika makan saya tidur dengan posisi badan di sender bantal yang agak tinggi.

mohon bgt dok pencerahannya.
saya sekarang seperti orang lumpuh hanya rebaan di kasur.

terima kasih
salam

rizki dwi adrian

2 answer

halo sobat Rizky,

  1. memang ada beberapa efek samping paska anestesi spinal yang mungkin akan menimbulkan ketidaknyamanan, komplikasi yg paling sering terjadi:
  • PDPH (Post Dural Puncture Headache) :Disebabkan adanya kebocoran cairan cerebrospinalis(LCS) akibat tindakan penusukan jaringan spinal yang menyebabkan penurunan tekanan LCS. Maka pada pasien paska bius spinal (stenegah badan),  untuk mengurangi kemungkinan terjadi nyeri/ mengurangi keluhan, maka seringkali dianjurkan untuk tirah baring selama minimal 12 jam untuk mencegah kebocoran cairan LCS
  • NYERI PUNGGUNG/ BACKACHE : Tusukan jarum yang mengenai kulit, otot dan ligamentum dapat menyebabkan nyeri punggung à jarang terjadi pada spinal anestesi. Nyeri ini tidak berbeda dengan nyeri yang menyertai anestesi umum, biasanya bersifat ringan, sehingga analgetik post operatif biasanya bisa menutup nyeri ini.
  • MUAL MUNTAH: Bila terjadi mual muntah  karena hipotensi, disamping itu juga adanya persarafan yang menyebabkan peningkatan peristaltik usus, faktor psikologis juga dapat mempengaruhi kejadian ini.

2. pertimbangan dari dokter anda untuk melakukan bius setengah badan, mungkin terkait dengan besar tumor yang anda alami dan lokasi tumor tersebut( di paha, betis, atau area yang luas permukaannya besar), sehingga jika dilakukan pembiusan lokal, akan menimbulkan ketidaknyamanan lebih besar, terkait dengan pembiusan yang harus di beberapa tempat, selain itu juga terkait dengan durasi operasi sendiri, jika operasi berlangsung lama, diperlukan pembiusan yang memiliki durasi lebih lama, sehingga efek kebal tidak cepat hilang, dibandingkan dengan bius lokal yang efek kebalnya lebih cepat hilang. 
demikian informasi dari kami, semoga bermanfaat

#1

Hi sobat sehat, 
Rasa nyeri pasca operasi masih dalam batas wajar, dan umum terjadi, apa lagi sesaat setelah operasi selesai pasca bius hilang.
Rasa anestesi pun akan berangsur-angsur pulih, namun memang memerlukan waktu. 
Rasa nyeri pada punggung juga umum terjadi, biasanya terjadi pada area dimana diberikan atau disuntikan obat anestesi saat pembiusan terjadi, namun hal ini juga akan berangsur-angsur pulih seiiring waktu. 
Sampaikan keluhan anda pada dokter yang merawat anda untuk mengevaluasi dan melakukan pemeriksaan untuk memastikan keadaan. 
Namun hal lain perlu anda ketahui bahwa rasa nyeri jangan menjadi rasa takut untuk berlatih jalan atau aktifitas dimulai dari hal sederhana. 
semoga memberi pencerahan dan lekas sembuh
 

#2
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.