Batuk berdarah, ada flek di paru-paru

Ibu saya adalah wanita usia 57 tahun. Beliau seorang PNS, sehingga tiap hari bekerja pukul 8 hingga 5 sore. Tiap hari selalu bangun paling awal untuk mengurus rumah, setelah pulang kantor juga selalu berkutat dengan pekerjaan rumah tangga. Sehingga perkiraan untuk bisa tidur malam pukul 11 atau 12 malam. Tiga minggu yang lalu beliau mengalami batuk darah. Saat ini masih menjalani rawat jalan dengan minum obat selama 4 bulan. Namun, akhir-akhir ini beliau sering mengaku mengalami sakit saat akan duduk dan ketika berdiri setelah duduk.
Sebagai informasi tambahan, ibu saya waktu mudanya juga pernah mengalami muntah darah hingga dirawat inap ketika belia, usia sekitar 18 tahun. Dan beliau adalah tipe orang yang pemikir, dan memendam pikirannya sendiri.

1 Jawaban Dokter

Staff 09/02/2017
Public

Selamat siang sobat,
Batuk darah dapat disebabkan oleh berbagai hal, seperti robekan pada saluran nafas, infeksi paru, dan tumor.
Apakah anda mendapat penjelasan dari dokter mengenai penyakit apa yang diderita ibu anda?
 

#1
  1. Terima kasih atas responnya.
    Dokter hanya menjelaskan bahwa itu gejala TBC.. Apakah ada kaitannya dengan faktor psikologis? Misalnya karena terlalu banyak berpikir berat. Hal ini berkaitan dengan dahulu ketika muda Ibu juga muntah darah karena beban pikiran ketika nenek meninggal.
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.