TBC

sya penderita Tbc dalam pengbatan hampir 8bln tpi 6bln seblmnya warna air seni sy sudh mulai biasa2 sja namun stlah lanjut ke 7bln tiba2 warna air seni sy kembali sperti saat pertma x didiagnosa tbc. itu kenapa ya? sya ingin cept sembuh. jika sya minum vitamin apkah akn mengurangi penyembuhan? kira2 vtamin ap yg hrus sy minum?

terimakasih

2 answer

Staff 08/02/2017
Public

Selamat pagi sobat
Warna air seni seperti apa yang anda maksud?
Apabila berwarna merah. 
Pada pasien sedang pengobatan TBC terdapat obat tbc yakni rifampisin yang menyebabkan air seni pasien berwarna kemerahan. Dan hal ini bukan lah masalah.
Namun biasany pasien pada fase pengobatan bulan ke 2-6 biasanya penggunaan rifampisin sudah dihentikan, sehingga warna urin seharusnya sudah kembali seperti semula.
Sebaiknya anda berkonsultasi lebih lanjut kepada dokter anda mengenai keluhan anda

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.