HB turun setelah transfusi darah

Selamat pagi dokter, mohon informasinya, ayah saya sekarang sedang dirawat di sebuah rs di daerah bekasi, ayah saya sudah melakukan transfusi darah sebanyak 4 kantong, yang ingin saya tanyakan apakah HB bisa turus walau sudah dilakukan proses transfusi? berikut informasi HB ayah saya:

awal masuk RS : HB 5.5
Transfusi Darah kantong 1 : HB 5.9
Transfusi Darah kantong 2 : HB 6.5
Transfusi Darah kantong 3 : HB 6.4
Transfusi Darah kantong 4 : HB 5.8

mohon informasinya dokter.

atas perhatian dan informasinya saya ucapakan terima kasih.

hormat saya,

Syahlian R

1 Jawaban Dokter

hai sobat Syahlian,
apa latar belakang penyakit yg ayah anda alami sehingga mendapatkan transfusi darah? adakah obat2an yg dikonsumsi dan apa saja jenisnya? adakah riwayat penyakit terkait kelainan darah?
ada beberapa kondisi dimana Hb dapat turun meskipun sudah mendapatkan transfusi, diantaranya adalah perdarahan yg masih belum teratasi, gangguan autoimun (antibodi menyerang sel2 tubuh, termasuk sel darah sendiri, gangguan produksi darah pada sumsum tulang), pemakaian obat2an tertentu (kemoterapi, dsb). perlu dilakukan pengkajian mengenai penyebab penurunan Hb paska transfusi, melihat kasus yg terjadi pada ayah anda, dimana Hb mengalami kenaikan kemudian menurun kembali dan diperlukan pemeriksaan Hb secara berkala untuk memantau nya, selain pemeriksaan darah serial lainnya. mungkin diperlukan pula pemeriksaan penunjang lainnya untuk mengetahui penyebab dari penurunan Hb. demikian informasi dari kami semoga bermanfaat.

#1
  1. Terima kasih untuk informasinya dokter, jadi awalnya itu ayah saya BAB dan Muntahnya berwarna hitam dokter, lalu saya bawa ke dokter spesialis penyalkit dalam, beliau mendiagnose terkena anemia dan harus dirawat dokter. yang saya bingung mengapa HB nya naik turun terus dokter. dan ada cara lain agar HB nya bisa naik dokter? terima kasih
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.