Tidak Mau minum susu

Hai Dok, bayi saya usia 3 bulan. seblmnya bayi saya minum susu bm* 0-6 bln dan timbul sperti bintik2 merah dan sepertinya bayi saya merasa gatal dan kurang lincah sperti biasanya (sblmnya susu bebelove 1). kemudian saya ganti ke nutr*baby soya, kondisi nya sudah normal dan kembali lincah. tetapi nafsu / kemauan untuk minum susunya kurang. dan sering menolak minum susu sehingga saya terpaksa menyendoki susu supaya dapat tetap minum. yg ingin saya tanyakan, apakah tindakan saya beralih ke susu soya sudah benar?, dan saat minum susu sapi sepertinya kemauan minumnya lumayan, dan saat beralih ke soya kemauan minumnya turun, apakah tidak apa jika saya menyelingi pemberian susu sapi kemudian susu soya di hari yang sama? ( beda jam pemberian ). mohon dibantu yah dok. oya, sebelumnya saya konsultasi ke dr.a dan dia bilang ganti susu sampai si bayi mau minum.

1 Jawaban Dokter

bila memang muncul bintik2 merah dan tampak gatal, kemungkinan memang benar alergi susu sapi bu. pilihan susu untuk alergi susu sapi antara lain susu sapi extensively hydrolysed (seperti nutr*mig*n, atau pr*gestim*l, atau p*pti jun*or) atau susu sapi yang asam amino based (seperti ne*cat*), atau susu soya. Dengan susu soya, 20% anak alergi susu sapi masih mengalami cross reaction bu.

nah mungkin anak ibu termasuk yg tidak alergi soya sehingga anak ibu bisa minum susu soya. tetapi mungkin karena rasanya berbeda maka keinginan anak ibu untuk minum susu jadi berkurang. tetapi bila ibu ganti ke susu lainnya seperti yg saya sebut diatas kemungkinan akan semakin tidak mau karena rasanya tidak enak bu.
saran saya sabar dan tetap berikan susu soya sampai anak biasa. atau bila mau coba ganti, ganti dengan merk lain tetapi tetap soya.

pemberiannya tidak boleh diselingi dengan susu sapi bu. karena akan menjadi percuma dan alergi kembali.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.