anak kesakitan saat makan

Pagi dok. Mau tanya tentang anak saya. umur 16 bulan, berat 9,2 kg. 4 hari yang lalu mulai mengalami demam selama 2 hari, paling tinggi 38,4 C. Hari ke 3 sudah mulai normal dan ceria seperti biasa. Namun saat minum dari gelas dia seperti merasa kesakitan walaupun cuma satu teguk saja, jadinya dia selalu menangis sehabis minum sambil mengusap hidung atau mulutnya. tapi anehnya saat makan dia tidak menangis ya walaupun cuma mau makan sedikit paling beberapa sendok nasi. hari ke 4 dia malah gak mau makan kayaknya kalau makan juga merasa sakit, tatapi kadang kalau minum sedikit tidak menangis. Minum asinya juga malah semakin banyak.
Apa anak saya kena radang tenggorokan dok ya? tapi dia tidak batuk pilek, tidak ada pembengkakan di pangkal leher, sudah tidak demam dan aktif seperti biasa, hanya rewel saat saat habis minum banyak dari gelas. Saat mulutnya di buka kayaknya biasa saja tidak ada yang merah atau apa. Maaf terlalu panjang dok, mohon penjelasannya.

1 Jawaban Dokter

halo sobat Lukman,
berdasarkan keluhan yg dialami anak sobat, kemungkinan andanya peradangan di daerah tonsil (amandel) ataupun saluran pernafasannya (laring, faring) msh belum dapat disingkirkan. untuk dapat mengetahui secara pasti, diperlukan pemeriksaan fisik lebih lanjut. masih terdapat kemungkinan bahwa amandel anak anda bengkak yg menyebabkan dia kesulitan untuk menelan (didefinisikan sbg rasa nyeri oleh anak anda). mungkin anda dapat mencoba memberikan makan2an lunak terlebih dahulu, seperti bubur atau sop/makanan berkuah untuk memudahkan nya menelan makanan. disarankan anda memeriksakan anak anda ke dokter sehingga dapat dilakukan pemeriksaan secara definitif dan dapat diberikan penata laksanaan yg sesuai. demikian, semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.