Bagaimana cara mengatasi nyeri sendi pada pergelangan tangan?

Saya perempuan, sudah menikah, berumur 50 thn. Keluhan terjadi akhir bln Desember 2016. Kata dokter saya mengalami radang saraf sendi. Saya diberi obat neurosanbe & piroxycam. Namun nyeri tersebut masih ada. Tangan terasa kaku dan sakit saat digerakkan. Aktivitas saya sehari-hari menggunakan komputer dan mengetik berjam-jam. saya coba melakukan terapi dengan air hangat, namun masih terasa nyeri juga. Bagaimana sebaiknya ya? Thanks atas bantuannya.

1 Jawaban Dokter

halo sobat,
berdasarkan aktivitas anda, yaitu kebiasaan mengetik menggunakan komputer berjam-jam, kemungkinan anda menderita CTS (Carpal tunel syndrome). Carpal tunnel syndrome atau CTS (sindrom terowongan/lorong karpal) adalah kondisi yang memengaruhi tangan dan jari hingga mengalami sensasi rasa kesemutan, mati rasa, atau nyeri. Gejala yang muncul ini biasanya berkembang secara perlahan-lahan dan pada malam hari akan bertambah parah. Bagian yang paling sering terpengaruh adalah jempol, jari tengah, dan telunjuk.pada CTS, terjadi pembengkakan pada bagian saraf, tendon, atau bahkan keduanya, saraf median akan tertekan dan mengakibatkan terjadi carpal tunnel syndrome. Saat saraf median ini terhimpit atau terjepit, maka akan menimbulkan mati rasa, sensasi kesemutan, dan terkadang muncul rasa sakit pada bagian-bagian yang terpengaruh oleh saraf ini. untuk nyeri ringan-sedang, biasanya hanya diberikan terapi sesuai gejala, namun jika cenderung menetap dapat dilakukan pembalutan tangan dan pemberian suntikan kortikosteroid. 
untuk memastikan diagnosis ini, sebaiknya anda ke dokter spesialis saraf untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan memperoleh pengobatan yg sesuai. demikian informasi dari kami semoga bermanfaat.

#1
Hanya dokter yang dapat memposting jawaban.